Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Seminar Jurnal Ilmiah Sebagai Ajang Tingkatkan Sikap Ilmiah, Kreatifitas dan Kualitas Mahasiswa Pendidikan Matematika

“Program kerja bidang I HMJ Pendidikan Matematika pada tahun 2013 ini ada yang berbeda. Jika tahun sebelumnya kita melaksanakan LKTIM (Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa). Kini pada tahun 2013 menyelenggarakan Seminar Pelatihan Jurnal Ilmiah,” ungkap A.A. Lilyk Cahyani selaku ketua panitia.  Dia juga mengatakan Seminar Pelatihan Jurnal Ilmiah sebagai wadah awal mengenai informasi tentang jurnal ilmiah serta untuk meningkatkan kreativitas menulis, meningkatkan kualitas tulisan para anggota HMJ Pendidikan Matematika serta menjalankan program bidang I.


Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd selaku salah satu reviewer dalam kegiatan seminar dan pelatihan jurnal pada 19 Mei 2013. Dia mengatakan bahwa seminar ini sangat penting bagi mahasiswa, karena bagaimanapun juga mahasiswa harus menulis. Jadi sebelum tahu bagaimana menulis yang baik, ada baiknya mahasiswa harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan seperti kegiatan seminar dan pelatihan jurnal. “Melalui tulisan kita bisa dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya dari orang-orang di kampus saja, tapi kita juga bisa dikenal di luar atau umum, dan juga bila kita bisa menulis jurnal dalam tingkatan internasional,nama kita bisa dikenal oleh ahli-ahli di seluruh dunia. Tidak hanya komunitas Pendidikan .Matematika saja, tapi komunitas umum juga bisa mengenal kita. Melalui tulisan, kita juga bisa mengenalkan atau mewariskan ilmu kita kepada anak cucu kita,” tambah Nyoman Parwati ketika ditanya tentang seberapa penting menulis artikel dalam hidup ini.


Made Suarsana selaku sekretaris jurusan juga berpendapat tentang pentingnya menulis jurnal karena mahasiswa yang akan menyelesaikan study di perguruan tinggi diwajibkan untuk membuat sebuah jurnal penelitian.
“Khususnya di Jurusan Pendidikan Matematika mewajibkan mahasiswa untuk membuat jurnal ilmiah. Sebelum tahun 2012, artikel yang dibuat mahasiswa akan dikumpul oleh sekretaris jurusan. Namun, setelah tahun 2012 jurnal yang telah diselesaikan harus diunggah di e-journal, ” ungkap Made Suarsana saat membuka acara seminar dan pelatihan jurnal.
“Kebanyakan mahasiswa sekarang susah untuk menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan.  Langkah awal yang dapat diambil oleh mahasiswa agar tertarik untuk menulis artikel adalah dengan menulis apa saja infomasi yang ditemui.  Misalnya jika pergi ke perpustakaan dan menemukan buku atau artikel, tulislah informasi yang menarik dengan dilengkapi  sumber bacaan dan kemudian simpanlah informasi tersebut, karena jika suatu saat nanti informasi tersebut diperlukan  untuk melengkapi tulisan yang dibuat maka dapat langsung digunakan tanpa perlu susah payah mencari lagi. Satu hari mendapat satu kalimat saja sudah cukup. Kalimat digabungkan dengan kalimat akan menjadi paragraf, dan setiap ide yang muncul, bisa ditulis dan disimpan sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang utuh.  Setiap ada informasi, simpan rujukan atau sumbernya, seperti menulis daftar pustaka,” saran Nyoman Parwati lanjut.
“Memulai menulis memang susah karena banyaknya masalah real pada mahasiswa saat ini seperti (1) adanya anggapan bahwa artikel merupakan syarat kelulusan sehingga kegiatan menulis menjadi terpaksa pada diri mahasiswa; (2) pengetahuan tentang jurnal kurang mendalam sehingga mahasiswa menjadi enggan untuk menulis; (3) sulitnya menemukan ide yang mudah untuk direalisasikan; (4) minat dan motivasi rendah pada diri mahasiswa; (5) kurangnya membaca literatur yang ada; (6) waktu dan kesempatan kurang digunakan untuk menulis,” jelas Drs. I Made Sugiarta, M.Si selaku motivator dalam seminar yang dilaksanakan di Auditorium.

“Melalui pelatihan jurnal dan seminar akan menambah wawasan tentang menulis serta menumbuhkan ide-ide kreatif melalui menulis. Serta melalui seminar jurnal ilmiah sebagai ajang tingkatkan sikap ilmiah, kreatifitas dan kualitas mahasiswa Pendidikan Matematika”, ungkap Gung Lilyk di akhir pembicaraannya. (KRS & SLV)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support