Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (P2M) TAHUN 2022 : PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MENGANYAM DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MENGOLAH SINGKONG

 

Gambar (1) Pelatihan Kewirausahaan Menganyam, (2) Pelatihan Kewirausahaan Olahan Keripik

Di penghujung bulan oktober tepatnya pada Sabtu, 29 Oktober 2022 dan Minggu, 30 Oktober 2022 Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Undiksha melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022 yaitu berupa pelatihan kewirausahaan menganyam dan pelatihan kewirausahaan mengolah singkong. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda tetapi masih di lingkungan Desa Kayuputih, Sukasada. Dimana pada hari pertama kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Kayuputih pada hari kedua kegiatan dilaksanakan di Wantilan Pura Desa Bale Agung Desa Kayuputih. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, antara lain, memperkenalkan Universitas Pendidikan Ganesha khususnya jurusan matematika kepada masyarakat, sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa dalam upaya meningkatkan prestasi belajar sehingga terbentuk insan yang kreatif, cerdas, dan kompetitif, sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Kayuputih, merealisasikan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). Pada P2M tahun ini, kami bekerjasama dengan PPK Ormawa.

Selain pelatihan kewirausahaan menganyam dan pelatihan kewirausahaan mengolah singkong, kegiatan tahun ini juga berupa kegiatan mengajar yang dilaksanakan di sekolah yang ada di sekitaran tempat pelaksanaan. Sasaran dari kegiatan mengajar pada kegiatan adalah anak-anak SD dan SMP di Desa Kayuputih. Kegiatan mengajar juga berlangsung selama dua hari di tempat yang berbeda. Di hari pertama kegiatan ini diikuti oleh anak-anak SMP dari SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada yang bertempat di SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada. Dan pada hari kedua kegiatan diikuti oleh anak-anak SD dari SD Negeri 1 Kayuputih Melaka yang bertempat di SD Negeri 1 Kayuputih Melaka.

Gambar 3. Pembelajaran Matematika

            Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022 mengambil tema “We Stand Beside Them, We Walk with Them, and We Fight for Freedom”. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak kampus. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu usaha untuk menumbuhkan sikap kepedulian anggota HMJ Matematika Undiksha terhadap masyarakat dan lingkungan khususnya di bidang pendidikan dan perekonomian, serta mengembangkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa dengan masyarakat.

            Terlihat antusiasme para masyarakat Desa Kayuputih untuk mengikuti kegiatan ini demi menambah pengetahuan mereka terkait dengan kewirausahaan yang diharapkan mampu mereka diterapkan nantinya. Mereka mengikuti pelatihan dengan diselingi percakapan-percakapan yang mampu menambah suasana hangat antar masyarakat dan panitia yang terlibat pada pelatihan tersebut.

“Latar belakang kegiatan ini yaitu HMJ Matematika Universitas Pendidikan Ganesha berupaya untuk ikut memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan perekonomian masyarakat Desa Kayuputih. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika guna menumbuhkan sikap kepedulian anggota HMJ terhadap masyarakat dan lingkungan khususnya di bidang pendidikan dan perekonomian, serta mengembangkan rasa kekeluargaan antar mahasiswa dengan masyarakat” kata I Made Danu Dwiyadnyana, Ketua Panitia Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Tahun 2022.

 

- Meta Puspitayoni

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support