Langsung ke konten utama

PEKAN ESAI NASIONAL MATRIKS 2021 (PENA MATRIKS 2021) TUNJUKKAN POTENSIMU, TUNJUKKAN KARYAMU

 

Berbicara mengenai kreativitas adalah salah satu hal yang sangat penting bagi sebagian mahasiswa. Kreativitas ada berbagai macam jenisnya, salah satunya adalah dengan menulis esai. Esai merupakan sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah yang dirangkai sedemikian rupa menurut sudut pandang dan pendapat pribadi penulisnya. Tujuan dari kegiatan menulis esai adalah untuk mengembangkan ide-ide dan minat mahasiswa sekaligus sebagai ajang untuk mengasah serta menumbuhkan sikap kritis dari mahasiswa terhadap suatu bidang kepenulisan karya ilmiah.

HMJ Matematika Undiksha sebagai salah satu perwujudan mahasiswa yang ada di Undiksha sudah seharusnya memiliki tekad untuk membantu menyelenggarakan wadah dan membangun semangat dalam bidang tulis-menulis bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Maka dari itu, HMJ Matematika memiliki program kerja dalam bidang I Penalaran dan Keilmuan yaitu Pena Matriks. Pena Matriks merupakan ajang perlombaan esai nasional pertama yang diadakan oleh HMJ Matematika. Mengusung tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Optimalisasi Pemanfaatan Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Sebagai Wadah Bagi Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Masa Kini”. Harapannya dengan diusungnya tema ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam menulis esai dan mengetahui serta mendukung mengenai program terbaru dari pemerintah yakni Kampus Merdeka.

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia. Adapun universitas yang mengikuti perlombaan ini meliputi Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Telkom University, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Universitas lainnya di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Pena Matriks Tahun 2021 diadakan secara daring bertempat di Ruang Zoom Cloud Meeting. Kegiatan Pena Matriks berlangsung sejak 27 November 2021 hingga 4 Desember 2021. Dimulai dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Walaupun kegiatan ini berlangsung secara online, Pena Matriks 2021 berjalan dengan lancar. Perlombaan ini dimenangkan oleh Gaos Tipki Alpandi dari Universitas Airlangga sebagai Juara 1, Ni Kadek Sintya Anggreni dari Universitas Udayana sebagai Juara 2, Ivan Taufiq Nugraha dari Institut Pertanian Bogor sebagai Juara 3, Hayatin Sapitri dan Anggi Eka Ananda Putri dari Universitas Brawijaya sebagai Juara Harapan 1, Muhammad Irfan Karim dari Universitas Sriwijaya sebagai Juara Harapan 2, dan Nurul Fitria dari Universitas Negeri Semarang sebagai Juara Harapan 3.

“Semoga dengan suksesnya kegiatan ini, tidak hanya memberikan pengalaman kepada anggota HMJ Matematika, tetapi diharapkan dapat memberikan manfaat serta kesan positif untuk mahasiswa di seluruh Indonesia”, ucap Wia Rosita selaku Ketua Panitia Pena Matriks 2021. (wrd)

Esai is easy!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENUMBUHKAN SRADHA BAKTI DALAM TIRTA YATRA HMJ MATEMATIKA UNDIKSHA 2019

    Tirta yatra berasal dari bahasa Sansekerta yaitu terdiri dari kata tirtha dan yatra. Tirta artinya air suci, air kehidupan, tempat suci yang mempunyai air suci, dan orang-orang suci. Disebut sebagai tirta , karena orang-orang suci mempunyai kekuatan suci untuk menyucikan orang, seperti halnya kekuatan yang dimiliki oleh tempat-tempat suci dan air suci. Di Bali, tirta berarti air suci yang sudah dimohonkan kepada Tuhan yang mana sudah menjadi wangsuhpada dari Tuhan dan sudah mendapat berkat dari Tuhan. Kata tirta secara tata bahasa Sanskerta disebutkan  berasal dari akar kata “tr” yang berarti “tiryate anena” (dengan mana diseberangkan), yang mana orang diseberangkan dari lautan dosa. Di dalam bahasa sehari-hari masyarakat Bali khususnya umat Hindu dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Orang-orang yang melakukan Tirta yatra disebut tirtayatri yang di India disebut yatri saja. Tirta yatra adalah perjalanan suci untuk mendapatkan atau memperoleh air suci. Tir

Rapat Kerja HMJ Matematika Masa Bakti 2020/2021 Sebagai Forum Menyamakan Persepsi dan Komitmen Bersama dalam Rangka Memajukan Jurusan Matematika.

  Singaraja - Di tahun 2020, Sebagai organisasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maka HMJ Matematika dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Agar kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik maka perlu dibuat sebuah perencanaan. Setelah melaksanakan Rapat Sukesi di bulan Januari, maka organisasi di lingkungan Jurusan Matematika yang terbagi atas berbagai bidang ini mulai menyusun setiap renacana untuk kepengurusan periode 2019/2020. Dalam menuangkan rencana-rencana tersebut maka diperlukan sebuah forum resmi diantara pengurus dan anggota HMJ Matematika Undiksha untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam rangka memajukan Jurusan Matematika. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha merasa perlu melaksanakan forum rapat guna merealisasikan tujuan dan cita-cita HMJ Matematika dalam bentuk Rapat Kerja Tahunan HMJ Matematika Masa Bakti 2019/2020. Dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan HMJ Matemat

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan