Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PEKAN ESAI NASIONAL MATRIKS 2021 (PENA MATRIKS 2021) TUNJUKKAN POTENSIMU, TUNJUKKAN KARYAMU

 

Berbicara mengenai kreativitas adalah salah satu hal yang sangat penting bagi sebagian mahasiswa. Kreativitas ada berbagai macam jenisnya, salah satunya adalah dengan menulis esai. Esai merupakan sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah yang dirangkai sedemikian rupa menurut sudut pandang dan pendapat pribadi penulisnya. Tujuan dari kegiatan menulis esai adalah untuk mengembangkan ide-ide dan minat mahasiswa sekaligus sebagai ajang untuk mengasah serta menumbuhkan sikap kritis dari mahasiswa terhadap suatu bidang kepenulisan karya ilmiah.

HMJ Matematika Undiksha sebagai salah satu perwujudan mahasiswa yang ada di Undiksha sudah seharusnya memiliki tekad untuk membantu menyelenggarakan wadah dan membangun semangat dalam bidang tulis-menulis bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Maka dari itu, HMJ Matematika memiliki program kerja dalam bidang I Penalaran dan Keilmuan yaitu Pena Matriks. Pena Matriks merupakan ajang perlombaan esai nasional pertama yang diadakan oleh HMJ Matematika. Mengusung tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Optimalisasi Pemanfaatan Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Sebagai Wadah Bagi Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Masa Kini”. Harapannya dengan diusungnya tema ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam menulis esai dan mengetahui serta mendukung mengenai program terbaru dari pemerintah yakni Kampus Merdeka.

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia. Adapun universitas yang mengikuti perlombaan ini meliputi Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Telkom University, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Universitas lainnya di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Pena Matriks Tahun 2021 diadakan secara daring bertempat di Ruang Zoom Cloud Meeting. Kegiatan Pena Matriks berlangsung sejak 27 November 2021 hingga 4 Desember 2021. Dimulai dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Walaupun kegiatan ini berlangsung secara online, Pena Matriks 2021 berjalan dengan lancar. Perlombaan ini dimenangkan oleh Gaos Tipki Alpandi dari Universitas Airlangga sebagai Juara 1, Ni Kadek Sintya Anggreni dari Universitas Udayana sebagai Juara 2, Ivan Taufiq Nugraha dari Institut Pertanian Bogor sebagai Juara 3, Hayatin Sapitri dan Anggi Eka Ananda Putri dari Universitas Brawijaya sebagai Juara Harapan 1, Muhammad Irfan Karim dari Universitas Sriwijaya sebagai Juara Harapan 2, dan Nurul Fitria dari Universitas Negeri Semarang sebagai Juara Harapan 3.

“Semoga dengan suksesnya kegiatan ini, tidak hanya memberikan pengalaman kepada anggota HMJ Matematika, tetapi diharapkan dapat memberikan manfaat serta kesan positif untuk mahasiswa di seluruh Indonesia”, ucap Wia Rosita selaku Ketua Panitia Pena Matriks 2021. (wrd)

Esai is easy!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Definition List

Unordered List

Support