Langsung ke konten utama

PANDEMI BUKAN HALANGAN UNTUK BERBAGI: BERGERAK DARI HATI UTAMAKAN PENGABDIAN

 

Singaraja Berbicara tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka tidak terlepas dari kata “Pengabdian”. Kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya dapat menunjukan rasa kepedulian terhadap masyarakat dengan melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat guna menumbuhkan sikap kepedulian dan rasa kekeluargaan. Apalagi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah hampir menginjak usia dua tahun dan terus berlanjut tak ada hentinya. Hal ini tentunya berdampak pada kehidupan masyarakat luas, salah satunya pada kehidupan perekonomian sebuah panti asuhan yang kian hari mulai menurun.

HMJ Matematika Undiksha sebagai salah satu perwujudan kelompok mahasiswa yang ada di Undiksha sudah seharusnya memiliki tekad untuk membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan yang ada. Maka dari itu, HMJ Matematika memiliki program kerja yang terjun langsung ke masyarakat dengan menggalang sebuah kegiatan, yaitu Pengabdian Pada Masyarakat (P2M).

Dalam pelaksanaannya, Pengabdian Pada Masyarakat Tahun 2021 menyasar ke dua panti asuhan di Kabupaten Buleleng, yaitu Panti Asuhan Hindu Destawan dan Panti Asuhan Ananda Seva Dharma yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Desember 2021 s.d. Minggu, 12 Desember 2021 dan Sabtu, 18 Desember 2021 s.d. Minggu, 19 Desember 2021. Walaupun kegiatan dilaksanakan dalam situasi pandemi, seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker dan diarahkan untuk mengecek suhu serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki panti asuhan. Kegiatan tahun ini mengangkat sebuah tema, yaitu We Care, We Share, Let’s Create Their Smile with Our Hands dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan tawa kebahagiaan untuk adik-adik panti asuhan dengan uluran tangan anggota HMJ Matematika berlandaskan ketulusikhlasan untuk mengabdi.

 Bentuk kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu memberikan pengajaran matematika atau dikenal dengan sebutan Fun Learning Math dengan menggunakan media pembelajaran dan alat peraga. Namun, pembedanya adalah ada banyak inovasi dan hal menarik yang dirangkaikan dalam kegiatan tahun ini, dimulai dari pemberian sembako, senam dan makan buah bersama (P2M Sehat), bermain berbagai macam permainan (P2M Bermain), pembuatan kenang-kenangan, hingga melaksanakan kegiatan P2M Asri (Aksi Lestari) dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon serta one meter clean di sekitar area panti asuhan.

Semoga dengan suksesnya kegiatan pengabdian ini, tidak hanya memberikan pengalaman kepada anggota HMJ Matematika, tetapi diharapkan dapat memberikan manfaat serta kesan positif untuk adik-adik panti asuhan, dan lingkungan sekitar. “Saya merasa sangat bangga karena kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang bergerak dari hati dan menjunjung tinggi pengabdian. Walaupun banyak konsep kegiatan baru yang diangkat dalam P2M tahun ini, kegiatan tetap bisa berjalan lancar berkat kerja sama dan semangat dari rekan-rekan kepanitiaan. Banyak hal baru dan pelajaran berharga yang saya dapatkan baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya.”, ucap I Gusti Ngurah Restu Pamungkas selaku Ketua Panitia P2M Tahun 2021. BERAKSI PEDULI DENGAN BERBAGI! (csy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENUMBUHKAN SRADHA BAKTI DALAM TIRTA YATRA HMJ MATEMATIKA UNDIKSHA 2019

    Tirta yatra berasal dari bahasa Sansekerta yaitu terdiri dari kata tirtha dan yatra. Tirta artinya air suci, air kehidupan, tempat suci yang mempunyai air suci, dan orang-orang suci. Disebut sebagai tirta , karena orang-orang suci mempunyai kekuatan suci untuk menyucikan orang, seperti halnya kekuatan yang dimiliki oleh tempat-tempat suci dan air suci. Di Bali, tirta berarti air suci yang sudah dimohonkan kepada Tuhan yang mana sudah menjadi wangsuhpada dari Tuhan dan sudah mendapat berkat dari Tuhan. Kata tirta secara tata bahasa Sanskerta disebutkan  berasal dari akar kata “tr” yang berarti “tiryate anena” (dengan mana diseberangkan), yang mana orang diseberangkan dari lautan dosa. Di dalam bahasa sehari-hari masyarakat Bali khususnya umat Hindu dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Orang-orang yang melakukan Tirta yatra disebut tirtayatri yang di India disebut yatri saja. Tirta yatra adalah perjalanan suci untuk mendapatkan atau memperoleh air suci. Tir

Rapat Kerja HMJ Matematika Masa Bakti 2020/2021 Sebagai Forum Menyamakan Persepsi dan Komitmen Bersama dalam Rangka Memajukan Jurusan Matematika.

  Singaraja - Di tahun 2020, Sebagai organisasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maka HMJ Matematika dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Agar kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik maka perlu dibuat sebuah perencanaan. Setelah melaksanakan Rapat Sukesi di bulan Januari, maka organisasi di lingkungan Jurusan Matematika yang terbagi atas berbagai bidang ini mulai menyusun setiap renacana untuk kepengurusan periode 2019/2020. Dalam menuangkan rencana-rencana tersebut maka diperlukan sebuah forum resmi diantara pengurus dan anggota HMJ Matematika Undiksha untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam rangka memajukan Jurusan Matematika. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha merasa perlu melaksanakan forum rapat guna merealisasikan tujuan dan cita-cita HMJ Matematika dalam bentuk Rapat Kerja Tahunan HMJ Matematika Masa Bakti 2019/2020. Dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan HMJ Matemat

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.