Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

GALI POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN PKM (PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA) 2021

 Singaraja-Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Undiksha atau sering disebut HMJ Matematika Undiksha merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berada di tingkat Jurusan. Pada hari sabtu, HMJ Matematika Undiksha melaksakan kegiatan penyuluhan tentang PKM. PKM merupakan salah satu program kegiatan rutin tahunan HMJ Matematika.

Dalam kegiatan ini yang dijelaskan oleh beberapa dosen yang ada di jurusan matematika

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM adalah sebuah wadah/ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan potensi yang dimiliki selama perkuliahan kepada masyarakat luas, agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Adapun Manfaat PKM bagi mahasiswa antara lain mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, sehingga dapat membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki. Dalam membuat PKM, yang harus mahasiswa lakukan apabila tidak memiliki ide kreatif dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Ide-ide PKM tidak harus yang rumit, cukup yang sederhana, sesuai isu global yang terjadi sekarang, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas serta mengangkat kearifan lokal.

Kegiatan PKM ini adalah kegiatan yang rutin dilalukan oleh HMJ matematika ini banyak mahasiswa jurusa matematkika yang mengikuti kegiatam PKM ini dan tak sedikit pula yang lolos pimnas pada tahun ini FMIPA menargetkan 504 PKM.

Acara ini ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan dari Ketua Panitia Yaitu Ayu Kesuma adapan kesan dan pesannya adalah Kesan: Saya berterimakasih telah diberikan kepercayaan menjadi ketua panitia Pelatihan PKM dan Kewirausahaan Tahun 2021. Bangga rasanya bisa mengemban tugas ini. Melalui pelatihan PKM dan Kewirausahaan ini, tidak hanya sekedar pelatihan biasa, tetapi disini kita berbagi ilmu tentang bagaimana menemukan ide dan sampai pada bagaimana merealisasikan ide tersebut menjadi sebuah PKM ataupun suatu usaha. Senang rasanya bisa mengikuti pelatihan ini bersama anggota HMJ Matematika. Pesan: Kedepannya agar kegiatan pelatihan PKM dan Kewirausahaan tetap dilaksanakan sebagai salah satu program kerja di HMJ Matematika. Untuk anggota HMJ semoga melalui kegiatan ini banyak ide-ide baru yang dapat direalisasikan menjadi PKM ataupun suatu usaha. Satu pesan saya, jika kalian gagal janganlah menyerah, jika kalian jatuh janganlah putus asa, karena itu adalah jalan untuk kita menuju kesuksesan. (yfa)

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support