Langsung ke konten utama

GALI POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN PKM (PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA) 2021

 Singaraja-Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Undiksha atau sering disebut HMJ Matematika Undiksha merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berada di tingkat Jurusan. Pada hari sabtu, HMJ Matematika Undiksha melaksakan kegiatan penyuluhan tentang PKM. PKM merupakan salah satu program kegiatan rutin tahunan HMJ Matematika.

Dalam kegiatan ini yang dijelaskan oleh beberapa dosen yang ada di jurusan matematika

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM adalah sebuah wadah/ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan potensi yang dimiliki selama perkuliahan kepada masyarakat luas, agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Adapun Manfaat PKM bagi mahasiswa antara lain mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, sehingga dapat membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki. Dalam membuat PKM, yang harus mahasiswa lakukan apabila tidak memiliki ide kreatif dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Ide-ide PKM tidak harus yang rumit, cukup yang sederhana, sesuai isu global yang terjadi sekarang, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas serta mengangkat kearifan lokal.

Kegiatan PKM ini adalah kegiatan yang rutin dilalukan oleh HMJ matematika ini banyak mahasiswa jurusa matematkika yang mengikuti kegiatam PKM ini dan tak sedikit pula yang lolos pimnas pada tahun ini FMIPA menargetkan 504 PKM.

Acara ini ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan dari Ketua Panitia Yaitu Ayu Kesuma adapan kesan dan pesannya adalah Kesan: Saya berterimakasih telah diberikan kepercayaan menjadi ketua panitia Pelatihan PKM dan Kewirausahaan Tahun 2021. Bangga rasanya bisa mengemban tugas ini. Melalui pelatihan PKM dan Kewirausahaan ini, tidak hanya sekedar pelatihan biasa, tetapi disini kita berbagi ilmu tentang bagaimana menemukan ide dan sampai pada bagaimana merealisasikan ide tersebut menjadi sebuah PKM ataupun suatu usaha. Senang rasanya bisa mengikuti pelatihan ini bersama anggota HMJ Matematika. Pesan: Kedepannya agar kegiatan pelatihan PKM dan Kewirausahaan tetap dilaksanakan sebagai salah satu program kerja di HMJ Matematika. Untuk anggota HMJ semoga melalui kegiatan ini banyak ide-ide baru yang dapat direalisasikan menjadi PKM ataupun suatu usaha. Satu pesan saya, jika kalian gagal janganlah menyerah, jika kalian jatuh janganlah putus asa, karena itu adalah jalan untuk kita menuju kesuksesan. (yfa)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENUMBUHKAN SRADHA BAKTI DALAM TIRTA YATRA HMJ MATEMATIKA UNDIKSHA 2019

    Tirta yatra berasal dari bahasa Sansekerta yaitu terdiri dari kata tirtha dan yatra. Tirta artinya air suci, air kehidupan, tempat suci yang mempunyai air suci, dan orang-orang suci. Disebut sebagai tirta , karena orang-orang suci mempunyai kekuatan suci untuk menyucikan orang, seperti halnya kekuatan yang dimiliki oleh tempat-tempat suci dan air suci. Di Bali, tirta berarti air suci yang sudah dimohonkan kepada Tuhan yang mana sudah menjadi wangsuhpada dari Tuhan dan sudah mendapat berkat dari Tuhan. Kata tirta secara tata bahasa Sanskerta disebutkan  berasal dari akar kata “tr” yang berarti “tiryate anena” (dengan mana diseberangkan), yang mana orang diseberangkan dari lautan dosa. Di dalam bahasa sehari-hari masyarakat Bali khususnya umat Hindu dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Orang-orang yang melakukan Tirta yatra disebut tirtayatri yang di India disebut yatri saja. Tirta yatra adalah perjalanan suci untuk mendapatkan atau memperoleh air suci. Tir

Rapat Kerja HMJ Matematika Masa Bakti 2020/2021 Sebagai Forum Menyamakan Persepsi dan Komitmen Bersama dalam Rangka Memajukan Jurusan Matematika.

  Singaraja - Di tahun 2020, Sebagai organisasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maka HMJ Matematika dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Agar kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik maka perlu dibuat sebuah perencanaan. Setelah melaksanakan Rapat Sukesi di bulan Januari, maka organisasi di lingkungan Jurusan Matematika yang terbagi atas berbagai bidang ini mulai menyusun setiap renacana untuk kepengurusan periode 2019/2020. Dalam menuangkan rencana-rencana tersebut maka diperlukan sebuah forum resmi diantara pengurus dan anggota HMJ Matematika Undiksha untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam rangka memajukan Jurusan Matematika. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha merasa perlu melaksanakan forum rapat guna merealisasikan tujuan dan cita-cita HMJ Matematika dalam bentuk Rapat Kerja Tahunan HMJ Matematika Masa Bakti 2019/2020. Dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan HMJ Matemat

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.