Langsung ke konten utama

 

25 September 2021

 

OSKAR 2021

Membangun Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah




Singaraja-Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan merasa ikut memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa agar menjadi kader-kader baru. Sehubungan dengan hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha bermaksud menyelenggarakan kegiatan yang dapat mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa baru serta menjembatani tali persaudaraan antara mahasiswa baru dengan anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika yang dirangkai dalam kegiatan yang bertajuk “OSKAR (Orientasi Kehidupan Mahasiswa Jurusan) HMJ Matematika Tahun 2021”.

Selain itu, kegiatan OSKAR ini memiliki tujuan merealisasikan salah satu program kerja HMJ Matematika dan membantu proses adaptasi mahasiswa baru Jurusan Matematika Undiksha. Kegiatan OSKAR ini rutin dilakukan, namun pada kegiatan OSKAR 2021 memiliki perbedaan dengan kegiatan OSKAR sebelumnya dimana pada kegiatan ini dilaksanakan secara online/daring via zoom meeting. Sejak pandemi covid-19, pembatasan tatap muka pun sangat dibatasi dan tentunya hal ini mengakibatkan pelaksanaan kegiatan secara online/daring menjadi solusi alternatif yang dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan OSKAR 2021.

Adapun bentuk kegiatan ini berupa pengenalan lingkungan Jurusan Matematika dan orientasi selama empat hari terhadap mahasiswa baru. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan berupa seminar, pengenalan AD/ART, pengenalan pengurusan HMJ Matematika Undiksha Masa Bakti 2021/2022, matrikulasi, lomba debat, lomba mading digital, dan sharing session. Waktu pelaksanaan kegiatan OSKAR 2021 yaitu pada 12 Agustus 2021, 19 Agustus 2021, 20 Agustus 2021, dan 22 Agustus 2021.

Peserta kegiatan OSKAR Tahun 2021 ini adalah mahasiswa baru Jurusan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2021 yang terdiri dari dua program studi yaitu Program Studi S1 Pendidikan Matematika dan Program Studi S1 Matematika sebanyak 115 orang. Kegiatan pengenalan lingkungan Jurusan Matematika ini pun berjalan sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun dan berhasil mencapai tujuan dengan persiapan melaksanakan tiga kali rapat koordinasi dan satu kali rapat final.

Kegiatan OSKAR 2021 tentunya mengalami beberapa kendala tepatnya pada proses menyusun kegiatan. Secara umum, kendala yang dihadapi panitia pada kegiatan OSKAR 2021 meliputi pemilihan ketua panitia terlalu dekat dengan kegiatan, sulitnya berkoordinasi antar panitia karena panitia tidak berada pada satu tempat yang sama, lalu kurangnya pendanaan yang diberikan, terjadinya kesalahan teknis ketika kegiatan berlangsung dan tidak mengancangkan sie kerohanian sehingga meminta bantuan kepada kerohanian HMJ Matematika baik sebelum hari h maupun di hari h. Namun, kendala yang dihadapi pada saat kegiatan OSKAR 2021 ini tentunya dapat diselesaikan dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana. Adapun saran yang diberikan sebagai masukan untuk penyelesaian kendala yang dihadapi yaitu meningkatkan koordinasi antar panitia menggunakan grup WhatsApp yang telah disediakan dengan sebaik mungkin, mengancangkan pendanaan sebaik mungkin, minimalisir pengeluaran yang digunakan, lalu menyiapkan cadangan perangkat dan jaringan ketika hari h agar memudahkan mencari pengganti saat terjadi masalah, mempertimbangkan pengadaan sie yang memang benar-benar dibutuhkan saat kegiatan, contoh pengadaan sie kerohanian baik pada kegiatan online atau offline, dengan kuantitas sesuai kebutuhan, pemilihan ketua panitia lebih jauh-jauh hari dilakukan agar lebih memiliki banyak waktu untuk merancang kegiatan.

Pengenalan lingkungan jurusan ini akan memberikan pengalaman-pengalaman bagi mahasiswa agar mampu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki mulai dari kreativitas, kepribadian, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Peserta didik juga mampu beradaptasi dengan keadaan dan menjalani perkuliahan dengan baik. Diharapkan kegiatan OSKAR 2021 akan terus dilaksanakan untuk memberikan mahasiswa bagaimana gambaran awal perkuliahan (ald).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Rapat Kerja HMJ Matematika Masa Bakti 2020/2021 Sebagai Forum Menyamakan Persepsi dan Komitmen Bersama dalam Rangka Memajukan Jurusan Matematika.

  Singaraja - Di tahun 2020, Sebagai organisasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maka HMJ Matematika dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Agar kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik maka perlu dibuat sebuah perencanaan. Setelah melaksanakan Rapat Sukesi di bulan Januari, maka organisasi di lingkungan Jurusan Matematika yang terbagi atas berbagai bidang ini mulai menyusun setiap renacana untuk kepengurusan periode 2019/2020. Dalam menuangkan rencana-rencana tersebut maka diperlukan sebuah forum resmi diantara pengurus dan anggota HMJ Matematika Undiksha untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam rangka memajukan Jurusan Matematika. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha merasa perlu melaksanakan forum rapat guna merealisasikan tujuan dan cita-cita HMJ Matematika dalam bentuk Rapat Kerja Tahunan HMJ Matematika Masa Bakti 2019/2020. Dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan HMJ Matemat