Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

CIPTAKAN GENERASI MUDA YANG BERINTEGRITAS MELALUI PGM TAHUN 2019


Pekan Gema Matematika (PGM) merupakan program kerja utama HMJ Matematika Undiksha yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan PGM tahun 2019 memiliki tema yaitu “Membangun Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif di Era Revolusi Industri 4.0”. Tema tersebut sudah relevan dengan keadaan di Indonesia sekarang, bahwa saat ini teknologi yang semakin maju yang menghantarkan pada persaingan di berbagai bidang dan pastinya akan berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia. Serta dari tema tersebut, menjadi salah satu contoh dari upaya pembentukan generasi muda yang berintegritas atau memiliki konsistensi dalam kognitif dan keteguhan diri dalam bidang matematika. Pelaksanaan PGM tahun 2019 terdiri dari tiga sub kegiatan yaitu Gema Lomba Matematika (GLM), Gema Ekspo Matematika (GEM), dan Gema Kreasi Matematika (GKM).
Tema kegiatan GLM 2019 yaitu “Membentuk Generasi Matematika yang EKSIS (Edukatif, Kompetitif, Sportif, Intelektual, dan Smart). Gema Lomba Matematika tahun 2019 terdiri dari empat jenjang pelaksanaan lomba matematika, yaitu SD ke-XIV, SMP ke XX, SMA ke-XXVII, dan SMK ke-IX. Pelaksanaanya terdiri dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Tahun ini, pelaksanaan babak penyisihan dilaksanakan di 6 wilayah atau rayon, yaitu di wilayah Singaraja, Jembrana, Badung, Gianyar, Karangasem, dan Denpasar yang terdiri dari dua gelombang yaitu tanggal 27 Januari dan 3 Februari 2019. Serta pelaksanaan semifinal dan final pada tanggal 13 Februari 2019.
Kegiatan kedua yaitu Gema Ekspo Matematika (GEM) yang diselenggarakan selama sepekan dan dibuka untuk umum. GEM 2019 mengangkat tema, yaitu “ANEKA (Antusias, Edukasi, Karya, dan Apresiasi)”. Kegiatan expo ini bertujuan untuk memperkenalkan jurusan matematika Undiksha kepada peserta lomba dan masyarakat. Pelaksanaan expo yaitu pada tanggal 11-15 Februari 2019. Pada kegiatan expo, dibuka pameran matematika dengan menampilkan alat peraga dan media pembelajaran matematika, stand kreativitas mahasiswa jurusan matematika di masing-masing angkatan, dan panggung kreasi. GEM juga mempunyai sub kegiatan seminar pendidikan yang bertepatan dengan waktu semifinal GLM, dan bakti sosial yang dilaksanakan satu hari setelah penutupan GLM.
Terakhir, puncak acara dari PGM tahun 2019 yaitu menghadirkan Gema Kreasi Matematika (GKM). Tema dari kegiatan ini adalah “EKSPRESI (Eksplorasi, Kreasi, dan Seni)” dan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2019. Tahun ini, kegiatan GKM menampilkan kreativitas dari mahasiswa jurusan matematika di bidang seni. Diantaranya yaitu menampilkan tari Wijnanarayana, kecak inovasi, operet, Shadow Theatre, Dark Light Teathre, Modern Dance, serta penampilan dari “Nosstress” yang ikut memeriahkan panggung GKM 2019. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Undiksha, Ketua Jurusan Matematika, dosen-dosen dan pegawai jurusan matematika, serta masyarakat umum. Ketua PGM 2019, Putu Indra Pradhana mengatakan bahwa “pelaksanaan PGM tahun ini cukup baik. Akan tetapi terdapat kendala selama berjalannya kegiatan ini, diantaranya yaitu kuota peserta lomba dari tiap sekolah yang menurun pada tahun ini dan pengaturan penonton yang kinerjanya kurang maksimal, tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan bantuan dari seluruh panitia”. Harapan dari ketua PGM yaitu diharapkan pada tahun depan ada inovasi acara tidak hanya pada GKM, tetapi juga pada GLM dan GKM serta dapat ditingkatkan lagi kinerja pada kegiatan yang telah dilaksanakan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support