Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PENDEKATAN RELIGI MELALUI TIRTA YATRA


Melakukan Yadnya sudah menjadi kewajiban umat Hindu sebagai wujud syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi dan segala manifestasi-Nya. Banyak bentuk yadnya yang telah dilaksanakan oleh umat Hindu dengan atau tanpa disadari karena dilakuan dengan tulus ikhlas. Salah satu contohnya yaitu melaksanakan  kegiatan “Tirta Yatra”. Tirta yatra sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh umat Hindu sejak dulu, sejalan dengan kemajuan dan meningkatnya kesejahteraan maka tempat suci yang dikunjungi semakin luas.
            Seperti halnya Himpunan Jurusan Matematika, kegiatan tirta yatra sudah menjadi kegiatan tahunan wajib yang dilaksanakan sebagai wujud syukur terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tirta yatra bukanlah perjalanan biasa untuk bersembahyang, namun didalamnya termuat pengendalian diri dan pengekangan diri. Dan diharapkan melalui program tahunan tirta yatra ini terjadi interaksi positif  diantara para pelaku tirta yatra.  Kegiatan tirta yatra ini juga dapat mendekatkan  antar umat manusia satu dengan yang lainnya, karena dalam perjalanan akan terjadi suatu komunikasi social, suka-duka, bercanda ria, dan interaksi lainnya.
            Kegiatan Tirta Yatra yang dilaksanakan oleh HMJ Matematika berlangsung pada 20 Oktober 2018. Adapun tema dalam kegiatan ini yaitu "Tingkatkan Sradha, Bhakti dan Kesucian Pikiran Berlandaskan Tri Hita Karana Melalui Tirta Yatra HMJ Matematika 2018”. Tempat suci yang dikunjungi dalam kegiatan tirta yatra tahun ini adalah Pura Melanting, Pura Agung Pulaki, Pura Jaya Prana,dan Pura Luhur Rambut Siwi. Perjalanan yang ditempuh menggunakan traver independen tour dengan fasilitas yaitu spanduk, konsumsi sebanyak 2x dalam bentuk prasmanan, air, banten, dan juga snack. Kegiatan ini diharapkan menambah rasa kekeluargaan mahasiswa jurusan matematika sekaligus sebagai ucapan rasa syukur  terhadap Ida Sang Hyang Widhi wasa.
            Kegiatan tirta yatra HMJ Matematika pada tahun 2018 yang diketuai oleh Wayan Pebri Muliatmika dari kelas 3B ini sudah berjalan lancar, meskipun ada sedikit kendala namun hal itu dapat diatasi dengan sigap oleh kepanitiaan yang bersangkutan sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support