Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pengabdian Pada Masyarakat



Pengabdian Pada Masyarakat HMJ Pendidikan Matematika
Tahun 2015
Mengabdi pada Negeri, Berbagi Dengan Sesama
Pengabdian Pada Masyarakat atau P2M merupakan program kerja tahunan HMJ Pendidikan Matematika yang bertujuan untuk mewujudkan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan mengangkat tema "Mengabdi pada Negeri, Berbagi Dengan Sesama", P2M HMJ Pendidikan Matematika menggelar rangkaian kegiatan yang berbeda-beda di SD Negeri 2 Tunjung lalu.

Mengawali kegiatan pada Sabtu (09/05/15) tepat pukul 08.00 WITA., Panitia Pelaksana P2M, anggota HMJ Pendidikan Matematika, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, beberapa dosen Jurusan Pendidikan Matematika, seluruh siswa dan guru SD Negeri 2 Tunjung berkumpul di lapangan upacara untuk melaksanakan Upacara Pembukaan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat HMJ Pendidikan Matematika Tahun 2015. Kegiatan P2M tahun ini dilaksanakan selama 2 hari yakni Sabtu, 9 Mei 2015 dan Minggu, 10 Mei 2015. Pada hari pertama (09/05/15) anggota HMJ berkumpul pukul 05.30 di Gedung B kampus tengah UNDIKSHA untuk melakukan persembahyangan, presensi dan pengarahan sebelum menuju lokasi P2M di SD Negeri 2 Tunjung. Setelah pengarahan, anggota HMJ berangkat bersama-sama ke SD Negeri 2 Tunjung. Setelah para undangan hadir, upacara pembukaan langsung dimulai dan berakhir pada pukul 08.45 WITA. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan matematika, pada hari pertama yaitu Lomba Mewarnai yang diikuti oleh siswa kelas I dan kelas II, Lomba Makan kerupuk yang diikuti oleh perwakilan kelas III, IV, dan V, Lomba menyusun puzzle diikuti oleh perwakilan setiap kelas serta lomba joged heboh yang diikuti oleh seluruh siswa. Setelah perlombaan selesai, para siswa dikumpulkan dalam satu ruangan dan diberikan motivasi-motivasi dari panitia khusus motivasi P2M tahun 2015. Bersamaan dengan pelaksanaan lomba dan motivasi, panitia pelaksana dan panitia khusus penataan kelas, penataan perpustakaan dan UKS bersama anggota HMJ menata kembali Kelas, Perpustakaan dan ruang UKS. Saat penataan, panitia menempel slogan-slogan, foto-foto pahlawan dan membersihkan kelas. Selain itu, panitia melaksanakan pembuatan rak buku untuk perpustakaan, pemasangan kotak obat serta menata buku-buku ke dalam rak. Di luar ruangan, panitia dan anggota HMJ lainnya membuat saluran air bersama-sama.
P2M tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan P2M dan PMRI oleh dosen Jurusan Pendidikan Matematika. Selama kegiatan P2M HMJ, para dosen dan Narasumber memberikan Workshop kepada perwakilan guru-guru se-gugus Desa Tunjung. Kegiatan hari pertama pun usai.
  Kegiatan dilanjutkan keesokan harinya, pukul 08.00 WITA peserta P2M sudah tiba di SD Negeri 2 Tunjung dan langsung melanjutkan kegiatan sebelumnya yakni menyelesaikan saluran air dan memasang kran. Panitia lainnya memberikan pengajaran matematika serta alat peraga kepada siswa kelas I sampai kelas V sesuai dengan materi pembelajaran di sekolah. Setelah kegiatan selesai, seluruh panitia membersihkan area sekolah dan kemudian mempersiapkan acara penutupan. Saat penutupan, diumumkan juara-juara lomba dan pemberian penghargaan siswa yang berperan aktif selama kegiatan serta penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua HMJ Pendidikan Matematika  kepada Kepala SD Negeri 2 Tunjung sekaligus menutup kegiatan P2M secara resmi.
Kepala SD Negeri 2 Tunjung  mengucapkan terimakasih dan berharap agar HMJ pendidikan terus bekerjsama dengan SD 2 Tunjung dalam upaya memajukan pendidikan bangsa. Seluruh kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh anggota HMJ, seluruh siswa dan guru-guru SD Negeri 2 Tunjung.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support