Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

SATU HARI PENUH ARTI BERSAMA PARA PEMATERI





Tahun ini HMJ Matematika Universitas Pendidikan Ganesha kembali menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertajuk seminar pendidikan.  Kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat ini dihadiri oleh pembicara dan audiens dari berbagai latar belakang.
Singaraja – Untuk kesekian kalinya Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika dengan bangga menyelenggarakan kegiatan Seminar sebagai bentuk realisasi dari salah satu program kerja Bidang 1 : Penalaran dan Keilmuan yang telah disepakati pada kegiatan rapat kerja sebelumnya.Kegiatan seminar yang telah dilaksanakan pada Sabtu,  4 Mei 2019  yang bertempat di Gedung Seminar Umum Undiksha memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan serta menekankan terkait literasi matematika kepada khalayak umum, khususnya civitas akademika.
Sama halnya dengan kegiatan seminar tahun sebelumnya, untuk seminar ini dalam pelaksanaannya juga menjalin kerjasama dengan pihak Jurusan Matematika mengingat dari pihak jurusan juga memiliki program kerja serupa sehingga dirasa kerjasama ini dapat memberikan keuntungan bagi kedua pihak.
Seminar tahun 2019 ini mengangkat konsep seminar pendidikan dengan tema “Literasi Matematika: Konsep, Implementasi, dan Kendalanya, Menuju Pembelajaran Matematika Berkualitas  Global.”Ketua panitia terpilih, yakni Diah Fridayanti Sucita memaparkan bahwa tema yang diangkat pada seminar kali ini merupakan usulan dari pihak Jurusan Matematika dengan pertimbangan bahwa topic tersebut perlu untuk dibahas dan diperbincangkan lebih intens dalam sebuah forum diskusi. Berkaitan dengan tema yang diangkat, kegiatan seminar tahun ini mendatangkan tiga pembicara dari berbagai kalangan, yakni Ibu I Gusti Ayu Russasmita Sri Padmi, M.Sc. selaku Spesialis Akademik  SEA MEO Regional Center for QITEP in Mathematics, Bapak Dr. I Ketut Bawa, M.Pd. selaku guru dari SMA Negeri 1 Singaraja, serta Ni Putu Dila Mahesta Putri selaku mahasiswi Jurusan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Dipilihnya ketiga pembicara ini diharapkan agar dapat menjadi sumber informasi untuk menciptakan pembahasan yang lebih menyeluruh dari berbagai sudut pandang, yakni sudut pandang mahasiswa selaku calon guru, sudut pandang guru, serta dari sudut pandang pelatih guru. Berkaca dari kegiatan yang telah berlangsung, tema yang dipilih dapat dikatakan berhasil menarik minat peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, guru, hingga dosen. Bahkan, peserta dari luar Bali pun turut menghadiri seminar ini.
“Keberhasilan dari terlaksananya kegiatan seminar ini merupakan bayaran yang setimpal atas jerih payah dari kepanitiaan dalam menanggulangi kendala-kendala yang timbul mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaan”, ujar ketua panitia. (vin/dfs)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support