Langsung ke konten utama

GKM 2013, Waow!

      Gema Kreasi Matematika (GKM) merupakan kegiatan serangkaian PGM (Pekan Gema Matematika) yang diselenggarakan sebagai penutup sekaligus puncak acara dari PGM. GKM mempersembahkan pagelaran seni dari anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.

             GKM 2013 yang mengambil tema “Ekspresi: Eksplorasi Seni dan Kreasi” diadakan pada Sabtu, 16 Maret 2013 bertempat di Gedung Kesenian Gde Manik, Singaraja. Acara telah dimulai pada pukul 19.00 WITA dan dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas MIPA, Drs. I Made Sugiarta, M.Si. dengan dpukulnya gong sebanyak tiga kali sekaligus menutup Pekan Gema Matematika 2013.


       “Tujuan dari kegiatan GKM ini adalah sebagai ajang penyaluran kreativitas mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika di bidang seni, meningkatkan keakraban antar sesama keluarga besar HMJ Pendidikan Matematika, meningkatkan pencitraan publik terhadap Jurusan Pendidikan Matematika”, ujar Ketua GKM 2013, I Wayan Wira Kurniawan dalam laporannya.

            Hal senada juga diungkapkan PD III FMIPA, Drs. I Made Sugiarta, M.Si. bahwa GKM bertujuan untuk menyalurkan minat, bakat, potensi yang anggota HMJ Pendidikan Matematika miliki dalam bentuk kreasi seni. “Jadi adik-adik di Jurusan Pendidikan Matematika (Matriks) tidak hanya bergelut dengan angka-angka tetapi juga bergelut dengan seni”, imbuhnya dalam sambutannya.

             Adapun persembahan yang ditampilkan yaitu tari penyambutan “Kembang Deeng”, nyanyian pop solo, Barong vs Rangda, operet “Gak Cukup Sekali” yang mampu mengocok perut penonton, pantomim, zombie dance, masquerade “Sport”, dark light theater, music collaboration, serta penampilan dari bintang tamu Mercy Band dengan lagu andalannya yang berjudul “Sisan Timpal” yang mampu menyedot perhatian penonton. Band asal Sukawati ini mampu membuat penonton ikut berjoget di depan panggung.

           “Kesan terhadap GKM kali ini waow. Tidak menyangka bisa membuat acara seperti itu dari membuat dekorasi panggung acaranya dan bintang tamu. Dan gak nyangka juga acaranya bakal sukses karena persiapan full hanya tiga hari karena berbenturan dengan liburan Nyepi dan berdekatan dengan kegiatan sub PGM lainnya”, ungkap Wira Kurniawan.

            Gema Kreasi Matematika sebagai puncak perayaan Pekan Gema Matematika berlangsung meriah. “GKM 2013 sebagai representasi puncak euforia anggota HMJ dalam pelaksanaan PGM tahun ini menunjukkan totalitas mereka dalam menggarap kegiatan. Sehingga GKM secara tidak langsung memberikan pencitraan positif terhadap HMJ Pendidikan Matematika sesuai dengan latar belakang kegiatan PGM itu sendiri. Jadi rasa bangga itu muncul ketika pementasan kerabat Matriks berlangsung. Mereka sangat total san menghibur. Luar biasa sekali”, jelas Ketua HMJ Pendidikan Matematika periode 2013/2014, I Made Adi Wirayana.

          Ia juga berpesan agar kegiatan Gema Kreasi Matematika tahun berikutnya dapat mepertegas citra positif jurusan dan HMJ Pendidikan Matematika. “Semoga acara yang ditampilkan semakin atraktif dan anggota HMJ semakin bersemangat menggarap PGM khususnya GKM”, katanya sembari menutup wawancara. PGM 2013, SUKSES!!! (Widya)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …