Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PGM 2023, Usung GLM Tingkat Nasional! Ini Potret Babak Penyisihannya

 

Gambar 1 Dokumentasi Kegiatan Penyisihan GLM 2023

Gema Lomba Matematika atau yang lebih dikenal dengan GLM merupakan suatu kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa serta minat belajar siswa, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika sehingga terbentuk insan yang kreatif, cerdas dan kompetitif. GLM sudah terselenggara sejak tiga puluh satu tahun silam, di mana pada tahun 2023 ini, merupakan GLM pertama yang melaksakan lomba tingkat nasional. Kegiatan GLM ini juga mencerminkan citra dan eksistensi HMJ Matematika Undiksha pada masyarakat luas dan diharapkan dapat menambah minat siswa dalam bidang matematika. 

          Kegiatan yang mengambil tema “ARITHMETIC (A Raising of Intellectual Mathematicians)” tahun 2023 ini, dapat diikuti oleh siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/Sederajat tingkat nasional. Yang mana pada babak penyisihan diselenggarakan secara daring selama empat hari yaitu pada 24 Januari 2023 dilaksanakan GLM untuk jenjang SMK/Sederajat, 25 Januari 2023 dilaksanakan GLM untuk jenjang SMA/MA, kemudian 26 Januari dilaksanakan GLM untuk jenjang SMP/MTs, dan 27 Januari 2023 dilaksanakan GLM untuk jenjang SD/MI. GLM tahun ini diketuai oleh Putu Helga Patricia selaku salah satu mahasiswa Jurusan Matematika yang saat ini sudah berada di semester 5. Tahun ini GLM diikuti oleh 190 siswa SD, 292 siswa SMP, 230 siswa SMA, dan 42 siswa SMK se-Indonesia. 

“Tahun ini pertama kali kegiatan GLM bertaraf nasional, tentu ada banyak hal yang menjadi kendala. Tetapi, dari kepanitiaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan GLM tahun ini.” ujar Kadek Jayanta, Ketua Panitia Pekan Gema Matematika Tahun 2023.

          Penilaian Gema Lomba Matematika pada babak penyisihan tidaklah mudah. Banyak ketentuan dan aturan yang harus di patuhi oleh peserta pada saat mengikuti babak penyisihan. Untuk menghindari kecurangan dari peserta, panitia GLM 2023 merancang secara detail sistem serta aturan-aturan lomba. Peserta yang lolos ke babak semifinal GLM tahun ini sebanyak 54 peserta untuk jenjang SD/MI, 51 peserta untuk jenjang SMP/MTs, 51 peserta untuk jenjang SMA/MA, dan 42 peserta untuk jenjang SMK/Sederajat.

-Sosialisasi dan Promosi PGM 2023
#GELORA

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support