Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pelatihan PKM HMJ Matematika Undiksha, Program Kerja Baru Bidang I HMJ Matematika yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa.

 

    Singaraja – Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020 merupakan program kerja utama Bidang I HMJ Matematika Undiksha yang menggantikan kegiatan seminar matematika yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Pelatihan ini didasari karena kurangnya minat anggota HMJ Matematika Undiksha dalam membuat PKM. Sehingga, menyebabkan kuantitas PKM dari HMJ Matematika yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) berkurang. Kegiatan pelatihan PKM yang telah dilaksanakan pada Kamis, 6 Agustus 2020 dan Jumat, 7 Agustus 2020 secara daring melalui zoom meeting memiliki tujuan utama yaitu, memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai PKM serta melatih academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill setiap anggota HMJ Matematika yang mengikuti pelatihan.

    Pelatihan PKM Tahun 2020 ini mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Emas yang CERDIK (Cerdas, Inovatif, dan Kreatif) Menuju SDGs 2030 Melalui PKM 2020”. Ketua panitia terpilih, yakni Kadek Mardika Pranata memaparkan bahwa tema yang diangkat pada pelatihan ini merupakan hasil voting dari anggota HMJ Matematika yang dirasa tema ini relevan dengan perkembangan jaman sekarang ini, dimana mahasiswa tidak hanya dituntut pintar dalam bidang akademik, namun juga harus peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. Berkaitan dengan tema yang diangkat, maka kegiatan pelatihan ini mendatangkan dua pembicara dari kalangan dosen dan mahasiswa, yakni Bapak Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si. selaku Dosen FMIPA yang telah berpengalaman di bidang PKM dan salah satu mahasiswa Undiksha yang berpengalaman di bidang PKM serta CEO Rumah Penalaran yakni Dimas Fadhilah Aprilian Santosa. Dipilihnya kedua pembicara ini diharapkan agar dapat menjadi sumber informasi untuk menciptakan pembahasan yang lebih menyeluruh dari berbagai sudut pandang, yakni sudut pandang dosen dan sudut pandang mahasiswa. Selama kegiatan berlangsung, peserta maupun narasumber saling antusias dalam memberi pertanyaan maupun tanggapan sehingga kegiatan pelatihan ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

    “Meskipun di kala pandemi yang sedang melanda, mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan sistem yang ada. Keberhasilan kegiatan ini sebagai bukti bahwa mahasiswa mampu beradaptasi meskipun pandemi melanda”, ujar ketua panitia. (des)

Share:

2 komentar:

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support