Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

OSKAR 2017



Orientasi Kehidupan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika atau yang disingkat menjadi OSKAR, berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan merupakan Program Kerja dari Bidang IV HMPS Pendidikan Matematika. OSKAR dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan lingkungan perkuliahan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat untuk beradapdatasi dengan lingkungan baru serta lebih cepat akrab dengan teman seangkatan serta kakak-kakak tingkat, serta mempersiapkan mahasiswa baru untuk mengikuti perkuliahan pada Program Studi Pendidikan Matematika.
Pada tahun 2017 ini kegiatan OSKAR dilaksanakan selama enam hari yaitu empat hari kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu serta dua hari sisanya digunakan untuk matrikulasi yang diambil pada hari kuliah namun pada malam hari. Persiapan OSKAR 2017 dilaksanakan oleh kepanitiaan kurang lebih selama empat bulan demi kelancaran pada hari H.
Pembukaan OSKAR 2017 dilaksanakan pada Sabtu, 9 September 2017 yang ditandai dengan penyematan nametag oleh Sekretaris Jurusan Pendidikan Matematika, Bapak Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd.,M.Stat.Sci. kepada perwakilan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Matematika sebagai pertanda kegiatan OSKAR 2017 telah resmi dibuka. Hari pertama OSKAR 2017 hanya terdapat satu paruh yang berlangsung dari pagi hingga sore dengan agenda pelatihan PKM dari narasumber serta pengarahan PKM dari bidang I.
Kegiatan OSKAR pada hari kedua yaitu tanggal 10 September 2017 memiliki dua paruh dengan beberapa kegiatan seperti video pengenalan kampus, lomba mading serta pengenalan AD/ART. Kemudian pada tanggal 12 dan 13 September 2017 dilaksanakan kegiatan matrikulasi yang diisi oleh pemateri yang merupakan anggota HMPS Pendidikan Matematika dari semester III dan semester V. Kegiatan matrikulasi ini dimulai dengan presensi pada pukul 18.00 WITA sampai akhirnya selesai pada pukul 20.30 WITA.

Hari kelima kegiatan OSKAR 2017 pada tanggal 16 September 2017 memiliki dua paruh yang terdiri dari kegiatan lomba debat mahasiswa baru pada paruh pertama serta kegiatan Matrik’s Sehat pada paruh keduanya yang bertujuan untuk menjaring bakat-bakat baru yang ada di HMPS Pendidikan Matematika.
Hari terakhir, 17 September 2017 merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa baru karena merupakan hari terakhir dari pelaksanaan kegiatan OSKAR 2017. Sama seperti sebelumnya, pada hari terakhir terdapat dua paruh yang terdiri dari kegiatan softskill pada paruh pertama. Pada softskill ini terdapat empat pos yang terdiri dari pos penalaran yang dikoordinatori oleh Ni Nyoman Ayulita Andayani, pos pendidikan karakter yang dikoordinatori oleh Putu Diah Eka Pratiwi, pos games yang dikoordinatori oleh I Gusti  Ayu Purnamayanti  dan post loyalitas yang dikoordinatori oleh I Nyoman Wahyu Mahardika.
Paruh kedua pada hari terakhir merupakan kegiatan yang paling dinanti-nanti baik oleh mahasiswa baru maupun para panitia karena terdapat kegiatan malam iniasi. Namun sebelum itu terdapat acara penutupan kegiatan OSKAR 2017 yang ditandai dengan pelepasan nametag diwakili sepasang mahasiswa baru yang dilakukan oleh Pembimbing Kemahasiswaan HMPS Pendidikan Matematika Bapak I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, S.Si.,M.Sc. Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun tiba, kegiatan malam inisiasi terdiri dari berbagai pementasan yang dilakukan oleh mahasiswa baru mulai dari tari pembukaan yang dibawakan oleh mahasiswa baru, girlband, drama komedi, musikalisasi puisi, dangdut dan tari latar, jogged, modern dance, panyembrahma vaganza yang diselingi dengan penampilan video-video yang dibuat oleh tiap kelompok serta pembacaan nominasi-nominasi untuk panitia terkenal, teralay, tergalak dan teramah. Tidak hanya mahasiswa baru yang menunjukkan kebolehannya, dari panitia juga yang menambil bagian adalah Sound Of Matriks’s serta pementasan joged Matrik’s dari semester III dan semester VII. Malam puncak kegiatan OSKAR 2017 diisi dengan malam inisiasi yang dipimpin oleh Ketua HMPS Pendidikan Matematika, seluruh mahasiswa baru dan panitia hanyut dalam keheningan malam inisiasi dengan dihiasi cahaya lilin. (sri/rsk/tia)
 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support