Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Mendikbud: Kurikulum 2013 Lahirkan Generasi Berpikir Obyektif

Mendikbud berharap penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi.

       
              Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengutamakan keterampilan, pemahaman, dan pendidikan berkarakter. Dengan kurikulum ini, siswa akan dituntut memahami materi, aktif berdiskusi dan presentasi, serta memiliki sopan santun dan disiplin tinggi.



       Mendikbud menjelaskan, Kurikulum 2013 dapat melahirkan generasi yang berpikir berdasarkan situasi riil di lapangan dan bukan persepsi spekulatif. Siswa dapat meningkatkan keberanian untuk berkomunikasi dalam hal bertanya dan membentuk karakter yang baik.



          "Siswa diharapkan mengubah cara berpikirnya dari persepsi menjadi fakta dan subyektif menuju obyektif," katanya di Jakarta, Senin (11/8/2014). 



           Mendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi. 



       "Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 akan memberikan berbagai hasil positif bagi siswa," katanya.



           Mendikbud menambahkan, Kurikulum 2013 dapat membentuk karakter siswa yang penuh kasih sayang, jujur, disiplin, bersih, dan toleran untuk mendukung pembangunan Tanah Air yang lebih baik. (kutipan dari Kompas.com)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support