Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

KIAMAT 2012 (KARYA ILMIAH ANAK MATEMATIKA 2012)

 Kegiatan ilmiah seperti pembuatan karya tulis bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi mahasiswa Undiksha. Bagaimana tidak, mulai dari awal menginjakkan kaki di kampus seribu jendela hingga mengakhiri kegiatan perkuliahan di kampus ini mahasiswa pasti pernah membuat karya tulis ilmiah. Terlebih, beberapa event kegiatan ilmiah memberikan pembelajaran yang menarik dalam mengembangkan pola pikir mahasiswa termasuk menyalurkan kemampuannya dalam bidang tertentu. Terbukti, banyak mahasiswa yang telah mampu menyalurkan karya mereka sehingga layak memperoleh pengakuan oleh masyarakat luas.

    Sebagai bagian dari kegiatan ilmiah, perlombaan karya tulis memberikan daya tarik tersendiri bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan, karya ilmiah yang dipandang menarik dari ide, bahasa tulis, dan kreativitas akan memperoleh biaya yang cukup besar dalam pelaksanaannya. Untuk itu, wajar kalau mahasiswa saling berlomba untuk membuat karya terbaik demi memperoleh hasil yang terbaik pula.
    Begitu juga halnya yang dilakukan oleh anggota HMJ Pendidikan Matematika yang tiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan LKTIM (Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa) . Acara ini merupakan suatu ajang yang ditunggu-tunggu oleh anggota HMJ Pendidikan Matematika, dimana pada ajang ini para mahasiswa berlomba – lomba menunjukkan kemampuan  menuangkan ide mereka dalam bentuk karya tulis ilmiah. Tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah tak lain untuk memantapkan kemampuan mahasiswa dalam membuat karya tulis ilmiah yang nantinya akan diselenggarakan oleh DIKTI. Melihat banyaknya karya tulis ilmiah yang terkumpul, yaitu 31 karya tulis ilmiah jenis PKM GT (Gagasan Tertulis) menunjukkan bahwa anggota HMJ Pendidikan Matematika sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
    Pada tahun ini pelaksanaan LKTIM jatuh pada Minggu, 30 April 2012 yang bertempat di Gedung Auditorium Undiksha. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 dimulai dengan absensi peserta dan selanjutnya dibuka oleh I Made Suarsana, Spd. M.Si selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Matematika. Reviewer dari acara ini adalah Prof. Dr. I Nengah Suparta. M.Si dan I Wayan Karta,S.pd
dari penilaian kedua reviewer tersebut diperoleh 3 pemenang yaitu;


1.                  I Nengah Juliawan
            Integrasi Permainan Tradisional dalam Kurikulum Muatan Lokal dalam Upaya     Pembentukan Karakter Siswa dan Pelestarian Budaya Bali
2.                  I Made Yudha Wijaya
            Membangun Indonesia Ecoentopronerial Country Melalui Pendidikan         Kewirausahaan pada Seluruh Sektor Satuan Pendidikan
3.                  Anak Agung Lilyk Cahyani
            Optimalisasi Fungsi Simantri (Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi)   Sebagai Tujuan Wisata dan Pendidikan Masyarakat Mengenai Pertanian Organik           “Simantri Edutourism”.

    Kegiatan yang berlangsung ± 7 jam ini ternyata banyak memperoleh masukan dari reviewer. Mulai dari pemahaman penulis tentang program yang diajukan, presentasi karya tulis, hingga kerja sama kelompok dalam mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan mereka. Walaupun banyak memperoleh masukan, kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 14.00 WITA ini telah memberikan bekal bagi mahasiswa untuk siap berkompetisi pada Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Dirjen Dikti.
” LKTIM sudah terlaksana dengan baik, harapannya LKTIM menjadi motivasi buat teman- teman HMJ Pendidikan Matematika untuk menulis. Diharapkan untuk tahun depan waktu pelaksanaan  LKTIM bisa mencari waktu lain, sehingga persiapan teman- teman untuk menulis lebih lama karena dekat dengan kegiatan PGM” ujar Ketua HMJ di akhir kegiatan.


" LKTIM sudah terlaksana dengan baik, harapannya LKTIM menjadi motivasi buat temen- teman hmj untuk menulis. Diharapkan untuk tahun depan waktu pelaksanaan  LKTIM bisa mencari waktu lain, sehingga persiapan teman- teman untuk menulis lebih lama karena dekat dengan kegiatan PGM" ujar Ketua HMJ yang tidak pernah lepas dengan kacamatanya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support