Langsung ke konten utama

PGM TAHUN 2011

“Saya yakin dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan kegiatan PGM tahun ini dan melanjutkan pondasi-pondasi yang baru untuk kegiatan PGM berikutnya akan lebih sukses.( Arry Sujaya Putra, 2011) ”

Di sela-sela kesibukannya, Arry Sujaya Putra, Ketua Pekan Gema Matematika (PGM) Tahun 2011 yang akrab disapa Arry ini menyempatkan diri untuk diwawancarai reporter Initial_B seputar kegiatan PGM.  “PGM merupakan kegiatan terbesar yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika dan merupakan gabungan dari beberapa kegiatan, yaitu Gema Lomba Matematika (GLM), Gema Seminar Matematika (GSM), Gema Pameran Matematika (GPM), dan Gema Keakraban Matematika (GKM) yang terangkum dalam satu wadah kegiatan yang dilaksanakan selama 1 minggu penuh,” paparnya.
 
Kegiatan PGM dimulai dari tanggal 11 Maret sampai tanggal 19 Maret 2011. Secara umum, kegiatan PGM meliputi pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2011 seharusnya dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA tapi karena beliau berhalangan hadir sehingga di disposisikan kepada Ketua Jurusan (Kejur) Pendidikan Matematika, Drs. I Made Sugiarta,M.Si. ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon. Dilanjutkan dengan pembukaan GPM di Gedung Sekretariat HMJ Pendidikan Matematika yang juga dibuka oleh Kejur ditandai dengan pemotongan pita. Dalam GPM dilaksanakan selama 1 minggu penuh dengan memamerkan alat peraga matematika dan buku dari Gramedia. Pameran dikunjungi oleh sekolah-sekolah yang berada di Singaraja.
 
Pada tanggal 12 Maret 2011 dilaksanakan Gema Seminar Matematika (GSM) tingkat nasional di Gedung Audiotorium Undiksha yang bertemakan “Kontribusi Matematika Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia”. Pemakalah utama dihadiri oleh Prof. Dr. Sutarto Hadi,M.Sc yang di datangkan dari Banjarmasin dan seminar paralel ada tujuh pemakalah lainnya. Peserta seminar di dominasi oleh mahasiswa dan hanya sedikit dari kalangan guru dan dosen. Dalam seminar Nasional kali ini untuk pertama kalinya pelaksanaanya  tidak berbarengan dengan GLM sehingga sebagian guru pendamping mengeluhkan hal ini. ”Untuk kedepannya diharapkan adanya kegiatan lain sebagai pengganti seminar yang ditujukan kepada para guru pendamping lomba seperti halnya Lomba Karya Ilmiah Guru ataupun pelatihan pembuatan media pembelajaran. Sehingga nantinya Guru pendamping lomba tidak lama dan bosan menunggu siswanya mengikuti lomba”, papar Arry.
 
Tanggal 16 Maret 2011 dilaksanakan Gema Lomba Matematika (GLM) untuk SMA dan SMK. Di GLM SMK merupakan terobosan baru dalam kegiatan GLM. Lomba ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu babak penyisihan, final satu dan final dua. Pelaksanaan GLM SMA dan SMK untuk babak penyisihan di Auditorium Undiksha dan babak final dilaksanakan di Gedung A dan gedung B. Adapun pemenang untuk GLM SMA diraih oleh SMA N 1 Singaraja dan GLM SMK diraih oleh SMK N 2 Seririt. Untuk GLM SD dan SMP dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2011. Dalam teknis lomba SD dan SMP sama seperti GLM SMA dan SMK.  Pelaksanaan GLM SD dan SMP untuk babak penyisihan maupun babak final di Gedung A dan Gedung B. Pemenang GLM SD diraih oleh SD Taman Rama Denpasar dan GLM SMP diraih oleh SMP N 4 Singaraja.
 
Kegiatan PGM di akhiri dengan Gema Keakraban Matematika (GKM) yang pada tahun-tahun sebelumnya dinamakan Gema Kreasi Matematika. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Kesenian Gde Manik pada tanggal 26 Maret 2011 dengan mendatangkan bintang tamu utama yaitu KIS Band. Selain itu, terdapat berbagai kreativtas mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dari tari bali, tari kreasi, perkusi, genjek sampai dengan tari barong vs rangda yang merupakan ciri khas dari HMJ Pendidikan Matematika.
 
Dalam wawancara singkat ini Arry menyampaikan sangat senang dapat berkesempatan menjadi Ketua PGM, “Seru bisa berkesempatan untuk merasakan tantangan dan tanggung jawab yang besar. Ini merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan selama saya menjadi mahasiswa”. Dalam pelaksanaan PGM ini, semua kegiatan berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala  selama kegiatan baik dari dalam maupun dari luar kepanitiaan. Kendala terbesar yang terlihat adalah masalah pendanaan, namun jika dilihat lebih dalam masalah yang terjadi ini disebabkan karena menejemen kerja yang kurang baik. Adapun kendala dari luar yang sangat berpengaruh adalah jadwal ujian sekolah yang dimajukan sehingga berbenturan dengan kegiatan lomba yang kita laksanakan mengakibatkan berkurangnya peserta yang mengikuti GLM. Namun secara keseluruhan kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik oleh seluruh panitia PGM.
 
Diakhir wawancara ini, Arry berpesan untuk kepanitiaan PGM selanjutnya “Saya yakin dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan kegiatan PGM tahun ini dan melanjutkan pondasi-pondasi yang baru untuk kegiatan PGM berikutnya akan lebih sukses. Untuk ketua PGM berikutnya harus menjadi sosok pemimpin yang bisa mengarahkan, mengambil pertimbangan yang matang dan tidak takut untuk menghadapi resiko maupun tekanan yang ada.”

[ risaprabandari . widyasuryaprani ]


Komentar

  1. mantafff,,,
    sukses buat kegiatan PGM, GSM, GLM, SKM, GKM nya ya mas,,,

    makasih tadi kunjungannya, salam kenal,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Postingan populer dari blog ini

MENUMBUHKAN SRADHA BAKTI DALAM TIRTA YATRA HMJ MATEMATIKA UNDIKSHA 2019

    Tirta yatra berasal dari bahasa Sansekerta yaitu terdiri dari kata tirtha dan yatra. Tirta artinya air suci, air kehidupan, tempat suci yang mempunyai air suci, dan orang-orang suci. Disebut sebagai tirta , karena orang-orang suci mempunyai kekuatan suci untuk menyucikan orang, seperti halnya kekuatan yang dimiliki oleh tempat-tempat suci dan air suci. Di Bali, tirta berarti air suci yang sudah dimohonkan kepada Tuhan yang mana sudah menjadi wangsuhpada dari Tuhan dan sudah mendapat berkat dari Tuhan. Kata tirta secara tata bahasa Sanskerta disebutkan  berasal dari akar kata “tr” yang berarti “tiryate anena” (dengan mana diseberangkan), yang mana orang diseberangkan dari lautan dosa. Di dalam bahasa sehari-hari masyarakat Bali khususnya umat Hindu dipahami dengan tangkil atau sembahyang ke pura-pura. Orang-orang yang melakukan Tirta yatra disebut tirtayatri yang di India disebut yatri saja. Tirta yatra adalah perjalanan suci untuk mendapatkan atau memperoleh air suci. Tir

Rapat Kerja HMJ Matematika Masa Bakti 2020/2021 Sebagai Forum Menyamakan Persepsi dan Komitmen Bersama dalam Rangka Memajukan Jurusan Matematika.

  Singaraja - Di tahun 2020, Sebagai organisasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maka HMJ Matematika dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Agar kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik maka perlu dibuat sebuah perencanaan. Setelah melaksanakan Rapat Sukesi di bulan Januari, maka organisasi di lingkungan Jurusan Matematika yang terbagi atas berbagai bidang ini mulai menyusun setiap renacana untuk kepengurusan periode 2019/2020. Dalam menuangkan rencana-rencana tersebut maka diperlukan sebuah forum resmi diantara pengurus dan anggota HMJ Matematika Undiksha untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama dalam rangka memajukan Jurusan Matematika. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha merasa perlu melaksanakan forum rapat guna merealisasikan tujuan dan cita-cita HMJ Matematika dalam bentuk Rapat Kerja Tahunan HMJ Matematika Masa Bakti 2019/2020. Dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan HMJ Matemat

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan