Langsung ke konten utama

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.

HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan SD, Gema Kreasi Matematika, serta Gema Pameran Matematika yang memamerkan hasil karya mahasiswa HMJ Pendidikan Matematika. Di samping itu, program kerja lain yang dimiliki oleh HMJ Pendidikan Matematika dikembangkan menjadi empat bidang yang memiliki arah pengembangan khusus tersendiri dengan tujuan, dan arah pengembangannya masing-masing adalah sebagai berikut.
 
1)    Bidang Penalaran dan Keilmuan
Pengembangan kegiatan kemahasiswaan dalam bidang ini ditunjukkan dan diarahkan untuk: (a) membina dan mengembangkan etika mahasiswa dalam menemukan dan mengkomunikasikan kebenaran ilmiah. (b) meningkatkan apresiasi mahasiswa terhadap kegiatan-kegiatan ilmiah seperti penelitian dan seminar, dan (c) melatih mahasiswa dalam menemukan kebenaran dengan prosedur ilmiah.
 
2)    Bidang Minat dan Bakat
Kegiatan minat dan bakat ditujukan dan diarahkan untuk (a) mengembangkan minat dan bakat mahasiswa sehingga kelak mereka memiliki kegiatan penyaluran minat dan bakat yang baik serta dapat menghindari kegiatan penyaluran minat dan bakat yang kurang baik, (b) membina kesegaran jasmani dan rohani mahasiswa melalui kegiatan olah raga, (c) menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa. Adapun program utama yaitu melaksanakan Matematika Cup, yaitu pertandingan bola volley antara jurusan di lingkungan Fakultas MIPA.
 
3)    Bidang Kesejahteraan Mahasiswa
Kegiatan ini ditujukan dan diarahkan untuk (a) membantu mahasiswa agar mereka dapat belajar tanpa hambatan yang berarti, (b) membantu mahasiswa dapat menyelesaikan studi dalam waktu singkat, (c) menumbuhkan kreativitas dalam menemukan alternatif dalam mengatasi kesulitan hidup. Adapun program utama yaitu melaksanakan kegiatan Pelepasan Calon Wisudawan dan Wisudawati HMJ Pendidikan Matematika.
 
4)    Bidang Bakti Sosial
Kegiatan ini ditujukan dan diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya dan meningkatkan apreasiasi mahasiswa terhadap jasa dan keberhasilan orang lain. Adapun program utama yaitu melaksanakan Ramah Tamah setiap tahun ajaran baru.
Demikian sekilas tentang profil Jurusan dan HMJ Pendidikan Matematika Undiksha. Informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha dapat menghubungi :

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana Singaraja-Bali 81116
Telp. (0362) 25072
Fax. (0362) 25335
Website : http://www.matriks-web.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.