Langsung ke konten utama

Pengabdian Pada Masyarakat dari Mahasiswa Jurusan Matematika

                       



    Singaraja- Sebagai bentuk usaha mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M), maka sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa dapat menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dengan melakukan kegiatan yang dapat membantu permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat terutama kalangan pelajar yang mengalami kesulitan belajar secara online (daring). Dengan terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat merupakan salah satu wujud nyata kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mahasiswa adalah bagian dari Perguruan Tinggi yang juga sebagai penerus perjuangan para pahlawan bangsa yang telah berhasil merebut kemerdekaan, sudah tentu harus mampu mengisi kemerdekaan dengan belajar yang tekun dan tentunya diiringi pula dengan melakukan kegiatan sosial dengan membantu masyarakat. Permasalahan-permasalahan dalam masyarakat yang biasanya bisa menarik peran mahasiswa di dalam menyelesaikannya meliputi 2 bidang, yakni: bidang edukasi dan kemasyarakataan. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya di Bali, memiliki program-program tertentu untuk mengurangi permasalahan-permasalahan masyarakat yang meliputi kedua bidang tersebut yang ditampung dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). 

HMJ Matematika Undiksha sebagai salah satu perwujudan kelompok mahasiswa yang ada di Undiksha sudah seharusnya memiliki tekad untuk membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan yang ada di lingkungan mereka. Maka dari itu, HMJ Matematika Undiksha memiliki program kerja untuk terjun langsung ke masyarakat dalam menggalang kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). Pada akhirnya HMJ Matematika Undiksha dapat menunjukkan kemampuan yang ada untuk mengabdi pada masyarakat sebagai wujud warga Bangsa Indonesia yang meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa. 

Dalaam pelaksanaannya Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) HMJ Matematika Undiksha Tahun 2020 sudah merampungkan kegiatan pengajaran matematika untuk siswa-siswi SMP Negeri 4 Singaraja dengan menggunakan media pembelajaran dan alat peraga matematika sebagai sarana pengenalan dasar-dasar matematika, serta pemberian motivasi untuk siswa-siswi di sekolah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat, diantaranya Kantor Desa Panji Sakti, Balai Banjar Babakan Desa Sambangan, dan Kantor Desa Baktiseraga selama 4 hari mulai dari Sabtu, 21 November 2020 hingga Minggu, 22 November 2020, dan  Sabtu, 5 Desember 2020 hingga Minggu, 6 Desember 2020.

Kesan saya selama menjadi Ketua Panitia P2M HMJ Matematika yakni saya merasa terhormat karena telah dipercaya oleh seluruh anggota HMJ untuk memimpin jalannya kegiatan ini. Selama menjalani tugas sebagai Ketua Panitia P2M, saya merasa senang karena P2M merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara offline sehingga saya bisa berkumpul kembali dengan teman-teman dan bisa lebih mengakrabkan diri kepada seluruh anggota HMJ. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang sudah bekerja dengan keras untuk membantu melancarkan kegiatan P2M ini sehingga kegiatan bisa terlaksana secara maksimal. Adapun pesan saya untuk kegiatan P2M selanjutnya yakni bisa berjalan dengan leih maksimal sehingga dapat memberikan kontribusi yang tentunya positif kepada masyarakat luas.” Begitulah kesan – pesan yang di sampaikan Ketua Panitia P2M Tahun 2020, I Putu Dodik Sukma Indranata terkait pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat 2020 ini. (dsp)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.