Langsung ke konten utama

RAPAT KERJA



PERAYAAN HARI KASIH SAYANG MATRIKS


Pada pertengahan bulan Februari, tepatnya saat hari kasih sayang, di Aula sebuah sekolah diadakan perayaan yang berbeda dari biasanya. Bukan tukar kado, pemberian coklat, maupun hal-hal lumrah yang dilakukan saat valentine, melainkan Rapat Kerja. Rapat Kerja HMJ Pendidikan Matematika masa bakti 2016/2017.
Kegiatan Rapat Kerja oleh HMJ Pendidikan Matematika ini diadakan di Aula SMA LAB UNDIKSHA. Pelaksanaannya yang jatuh pada hari kasih sayang ini, tentunya membawa euforia berbeda dari raker-raker sebelumnya. "Sebenarnya ini merupakan moment yang langka. Disaat semua menyiapkan hadiah valentine untuk orang tersayang, kita malah melaksanakan rapat kerja.”, lontar Koko, ketua Panitia Raker kali ini.
Adapun Raker (Rapat Kerja) ini bertujuan sebagai bekal awal bagi seluruh anggota HMJ Pendidikan Matematika dalam menjalankan serta mencapai tujuan yang disepakati nantinya untuk HMJ Pendidikan Matematika selama satu periode kepengurusan. Rangkaian kegiatan raker diantaranya dimulai dari registrasi peserta, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNDIKSHA lalu dilanjutkan doa yang berjalan begitu hikmad.
Akan tetapi, saat dilakukannya presensi ulang oleh presidium sidang, peserta yang hadir tidak mencapai quorum(kurang dari 50% + 1 orang dari anggota HMJ yang aktif). Berdasarkan keputusan bersama, presidium sidang mengundur sidang dengan estimasi waktu selama 2x5 menit, untuk memberi kesempatan bagi peserta sidang yang belum hadir dalam persidangan dengan harapan tercapainya quorum. Hingga estimasi pengunduran waktu tersebut habis, peserta sidang yang hadir belum juga mencapai quorum, hanya 47,44%. Akhirnya berdasarkan keputusan bersama dan melihat situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan, disepakatilah untuk tetap melanjutkan sidang dengan konsekuensi hasil sidang dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.
Pembukaan Rapat Kerja kali ini ditandai dengan pengetokan palu sidang sebanyak 3 kali oleh Pak Yudi, selaku Pembimbing Kemahasiswaan. Acara pun dilanjutkan dengan sidang pleno 1 yang membahas susunan acara raker, tata tertib, serta pengenalan pimpinan sidang yang terdiri dari presidium sidang yakni Ketut Adi Sukadarma, wakil presidium sidang I Komang Juniantara, dan sekretaris sidang Ni Luh Putu Suardani.
Persidangan dibagi menjadi 3 kali sidang pleno dan 3 kali sidang paripurna serta program kerja dari sekretaris dan rancangan anggaran biaya dari bendahara. Sidang pleno 1 membahas tentang susunan acara dan tata tertib sidang dilanjutkan dengan sidang paripurna 1 untuk menyepakati hasilnya. Sidang pleno 2 membahas tentang GBPK HMJ Pendidikan Matematika dan pembahasan masing-masing bidang yang dibagi menjadi 4 komisi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna 2.
Lalu pada sidang pleno 3 yang membahas secara keseluruhan mengenai apa yang telah dibahas pada saat pembentukan komisi, sidang ini cukup lama, sebab menyangkut pembahasan di empat bidang utama HMJ. Berakhirnya pembahasan di masing-masing komisi dilanjutkan dengan pembahasan program kerja utama dari sekretaris dan rancangan anggaran biaya dari bendahara serta penentuan iuran. Setelah melalui pembahasan serta perundingan yang cukup lama, akhirnya disepakati iuran HMJ Pendidikan Matematika untuk periode kali ini adalah sebesar Rp 30.000/semester yang difungsikan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan di HMJ.
“Memang iuran kali ini cukup besar, yaitu sebesar Rp. 30.000/ semester. Tapi menurut saya, iuran tersebut sudah rasional asalkan kepengurusan efisien dalam menggunakan uang dan dapat mempertanggungjawabkannya nantinya. Dan suatu kepengurusan dikatakan baik tidak dilihat dari jumlah saldo pada akhir kepengurusannya, namun alangkah baiknya dilihat dari penggunaan uang tersebut se-efisien mungkin, sesuai dengan kebutuhan program kerja kepengurusan demi tercapainya program kerja yang telah kita canangkan bersama.”, ujar Koko, ketika ditanya mengenai iuran HMJ yang cukup besar, jika dibandingkan periode sebelumnya.
         Setelah Sidang Pleno 3 berakhir, acara kemudian dilanjutkan ke Sidang Paripurna 3 untuk menyepakati hal-hal yang dibahas pada sidang sebelumnya. Sidang Paripurna 3 pun berakhir pada pukul 8 malam. Berakhirnya Sidang Paripurna 3, berarti berakhir pula Rapat Kerja kali ini. Karena hampir berjalan selama 12 jam, hal ini menyebabkan ditengah persidangan fokus peserta sidang sempat menurun. Tapi meskipun demikian acara persidangan secara keseluruhan telah berjalan dengan lancar. Sebagai ketua panitia Koko mengatakan,  "Semoga apa yang kita sepakati di dalam Rapat Kerja kali ini dapat dijalankan dengan baik. Ayo sukseskan semua kegiatan yang ada di HMJ. Karena kami dari pengurus tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan dari rekan-rekan anggota HMJ Pendidikan Matematika. Matrik's Jaya!.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
       Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD