Langsung ke konten utama

OSKAR 2015

OSKAR 2015
“Bangga Menjadi Bagian Darimu”
           
Orientasi Mahasiswa merupakan dua kata yang mengantarkan pikiran kita pada sebuah  kegiatan dimana mahasiswa baru “disambut” dengan berbagai cara “unik” oleh seniornya. Hal ini menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya hampir di seluuh universitas yang ada di dunia. Orientasi mahasiswa ini seakan menjadi sebuah gerbang awal untuk menyambut bibit – bibit baru yang akan berjuang di universitas tersebut.
Tahun ini HMJ Pendidikan Matematika UNDIKSHA yang diketuai oleh I Made Edy Bangkit Saputra juga melaksanakan serangkaian kegiatan orientasi kehidupan mahasiswa baru yang dikenal dengan OSKAR 2015. Kegiatan ini diketuai oleh Ni Putu Santhi Widiasih dan bertujuan memperkenalkan kehidupan kampus mulai dari lingkungan fisik, tata cara perkuliahan, kegiatan oganisasi dan lain sebagainyakepad mahasiswa baru. OSKAR 2015 dilaksanakan selama 9 hari yang dibuka pada 28 Agustus 2015 oleh ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dra. Gusti Ayu Mahayukti, M.Si. Sebelum dilaksanakan pembukaan, mahasiswa baru telah mengikuti matrikulasi yaitu pengenalan kegiatan belajar mengajar di kelas agar mahasiswa baru dapat memahami dengan baik perbedaan dari tata cara perkuliahan dan tata cara pembelajaran di SMA.

            Setelah pembukaan OSKAR 2015, kegiatan dilanjutkan kembali pada 5 – 6 September 2015, hal ini dilakukan agar kegiatan tersebut tidak mengganggu jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5 September 2015 meliputi seminar motivasi oleh Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd yang membahas mengenai bagaimana memotivasi diri untuk memperoleh kesuksesan, kegiatan lomba debat dan lomba mading serta sharing PKM oleh Ayu Candra Dewi Wesnawati dari POKJA Penalaran FMIPA. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan untuk memotivasi dan mengasah minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa baru agar dapat mengembangkan dirinya secara optimal. Kemudian pada 6 September 2015 dilaksanakan post to post, penutupan OSKAR 2015 oleh pembimbing kemahasiswaan Pendidikan Matematika, I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, M.Sc, malam keakraban dan malam inisiasi. Mahasiswa baru tampaknya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, hal ini terlihat dengan totalitas mereka dalam video dan penampilan yang mereka tampilkan saat malam keakraban. Antusias mahasiswa baru semakin terlihat saat malam inisiasi ketika I Made Edy Bangkit Saputra selaku ketua HMJ Pendidikan Matematika memberikan kata-kata motivasi agar mahasiswa baru senantiasa menjaga api semangat HMJ Pendidikan Matematika. Percikan kembang api di langit yang dilanjutkan dengan kegiatan bersalam-salaman antara mahasiswa baru dan panitia menandakan berakhirnya kegiatan OSKAR 2015. Jagalah api semangat HMJ Pendidikan Matematika dan tetaplah bangga menjadi bagian dari Matrik’s. You can’t go back and make a new start but you can start now to make a new end. Matrik’s Jaya!!!

Komentar

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…