Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

LKTIM : Langkah Awal Persiapan PKM Hibah Tahun 2012

Kegiatan ilmiah seperti pembuatan karya tulis bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi mahasiswa Undiksha. Bagaimana tidak, mulai dari awal menginjakkan kaki di kampus seribu jendela hingga mengakhiri kegiatan perkuliahan di kampus ini mahasiswa pasti pernah membuat karya tulis ilmiah. Terlebih, beberapa event kegiatan ilmiah memberikan pembelajaran yang menarik dalam mengembangkan pola pikir mahasiswa termasuk mengaplikasikan kemampuannya dalam bidang tertentu. Terbukti, banyak mahasiswa yang telah mampu mengaplikasikan karya mereka sehingga layak memperoleh pengakuan oleh masyarakat luas.

Sebagai bagian dari kegiatan ilmiah, perlombaan karya tulis memberikan daya tarik tersendiri bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan, karya ilmiah yang dipandang menarik dari ide, bahasa tulis, dan kreativitas akan memperoleh biaya yang cukup besar dalam pelaksanaannya. Untuk itu, wajar kalau mahasiswa saling berlomba untuk membuat karya terbaik demi memperoleh hasil yang terbaik pula.

Bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, LKTIM bukan merupakan sesuatu yang asing lagi. Akronim dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa ini pada tahun 2011 kembali dilaksanakan untuk menggali dan menumbuhkembangkan kreativitas mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika khususnya pada bidang Masyarakat, Penelitian, Kewirausahaan, dan Teknologi.

Walaupun pemenang pada masing-masing bidang tidak memperoleh hadiah/penghargaan yang besar, kegiatan ini tetap memperoleh antusias dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Bagaimana tidak, terbukti ada 36 proposal yang diikut sertakan dalam perlombaan karya tulis ilmiah ini. Dari 36 proposal yang diajukan, 3 kelompok penulis proposal terbaik pada masing-masing bidang yaitu PKMM, PKMP, PKMK, dan PKMT diberikan kesempatan untuk mempresentasikan program yang mereka ajukan. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian reviewer dalam memberikan penilaian diantaranya kreativitas, kesesuaian metode penelitian, potensi program, penjadwalan kegiatan dan personalia serta penyusunan anggaran biaya. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 30 April 2011 ini bertempat di Ruang Serba Guna PGSD Undiksha. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WITA yang dibuka langsung oleh Drs. I Made Sugiarta, M. Si., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika. Berdasarkan penilaian dari masing-masing reviewer yaitu Prof. Dr. Phil. I Gusti Putu Sudiarta, M. Si dan Dr. Rer. Nat. I Wayan Karyasa, S. Pd., M. Sc diperoleh bahwa karya tulis terbaik pada masing-masing bidang adalah sebagai berikut.
  1. PKMM : I Gede Wahyu Pranata : Pelatihan Pemanfaatan Limbah Tutup Botol Softdrink Menjadi Lukisan Yang Unik dan Menarik di Banjar Wangbung, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.
  2. PKMP : Gede Krisna Wijaya  : Penambahan Pandan Wangi dan Jahe Pada Kopi Untuk Meningkatkan Kualitas Kopi.
  3. PKMK : Ni Made Darmini  : Pemanfaatan Ranting Bambu (Bambusa SP) Menjadi Cup Lampu Hias Yang Bernilai Jual Tinggi Sebagai Salah Satu Kewirausahaan Yang Persfektif dan Benefit di Desa Sayan Ubud.
  4. PKMT : I Putu Ade Andre Payadnya  : Ringtone, Tema, Walpaper, Bertemakan Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kalangan Pelajar terhadap Pelajaran Matematika.
Kegiatan yang berlangsung ± 7 jam ini ternyata banyak memperoleh masukan dari reviewer. Mulai dari pemahaman penulis tentang program yang diajukan, presentasi karya tulis, hingga kerja sama kelompok dalam mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan mereka. Walaupun banyak memperoleh masukan, kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 14.00 WITA ini telah memberikan bekal bagi mahasiswa untuk siap berkompetisi pada Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2012 yang dilaksanakan oleh Dirjen Dikti.



Share:

1 komentar:

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support