Langsung ke konten utama

PGM : OPINI

Krisna Wijaya:
Secara keseluruhan, PGM tahun ini mengalami banyak perkembangan dibandingkan tahun lalu. Banyak inovasi baru yang diciptakan. Dari segi persiapan, sudah cukup baik. Namun, koordinasi antara koordinator sie dengan anggotanya masih sangat kurang, sehingga terkesan kurang adanya kerjasama yang baik antar-panitia PGM.
Jika dibandingkan tahun lalu, persiapan PGM tahun lalu jauh lebih matang dibandingkan tahun ini. Hal ini disebabkan karena sebagian besar anggota HMJ sekarang kurang memiliki integritas yang tinggi terhadap HMJ. Di samping itu, kurangnya persiapan terjadi karena fasilitas yang sangat tidak memadai di HMJ, sehingga kegiatan persiapan PGM tidak dapat berjalan dengan maksimal.
Yang terakhir, diharapkan dosen lebih menaruh perhatian pada kegiatan ini. Kenapa? Sebab, dari PGM sebelumnya, sebagian besar dosen terutama di lingkungan Jurusan Pendidikan Matematika terkesan kurang peduli terhadap kegiatan ini. Hal ini nampak dari segi kehadiran dosen yang sangat kurang, baik pada saat pembukaan, kegiatan inti, maupun penutupan. Intinya, dosen kurang berpartisipasi. Meski ini program HMJ, namun kegiatan ini merupakan bagian dari Jurusan Pendidikan Matematika, tempat kita bernaung sekarang ini. 


  Widnyana:
Sejak tahun 2009 hingga tahun ini, kekompakan anggota HMJ sebagai penyelenggara dan pelaksana kegiatan PGM masih sangat kurang. Hanya orang yang diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan suatu tugas yang melaksanakan hal itu. Hal ini mencerminkan sebagian besar anggota HMJ masih bersifat individualistis, dan tidak menjalankan kegiatan PGM ini atas dasar saling memiliki.
Namun, secara umum, PGM terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan penyempurnaan di beberapa sisi menjadi lebih kreatif dan inovatif dibanding sebelumnya. Hanya saja, yang perlu diresapi dengan baik adalah PGM bukanlah program yang dibuat untuk mengejar sesuatu. Namun program ini adalah sebagai wujud konkret dari visi HMJ yang telah kita tetapkan bersama, yakni mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan. Jadi jangan sampai PGM atau kegiatan lain yang pada dasarnya kita laksanakan demi sebuah tujuan yang mulia, justru menjadi cambuk yang memecah belah rasa persaudaraan di HMJ ini.
Mari jadikan PGM sebagai pupuk yang menyuburkan rasa kekeluargaan di antara kita. Kekeluargaan dan kebersamaan memang indah. Namun menciptakan sebuah kebersamaan itu jauh lebih indah dan bermakna... Semangat! Matrik’s jaya!



Agus Suputrayasa:
Jika dibandingkan dengan PGM yang telah dilaksanakan sebelumnya, PGM tahun ini jauh lebih bervariasi. Sebenarnya, ide dari beberapa inovasi yang mulai dilaksanakan pada PGM tahun ini, seperti Seminar Nasional sudah muncul pada PGM sebelumnya. Namun, karena ada banyak halangan yang merintang, hal itu belum dapat terlaksana pada PGM tahun sebelumnya. Jadi, salut untuk anggota HMJ Pendidikan Matematika karena berani mengambil langkah besar, sebuah perubahan untuk kemajuan.
Intinya, PGM tahun 2011:
Dari segi ide, wahh! Mengagumkan. Tetapi, suatu inovasi yang besar dan mengagumkan tiada artinya tanpa dibarengi dengan kerja keras, komitmen, dan tanggung jawab bersama. Berinovasi itu penting, asalkan hal ini dilakukan demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.
Ingat, PGM bukan hal yang paling utama. Silaturahmi antar mahasiswa, dosen, alumni, dan seluruh keluarga besar Jurusan Pendidikan Matematika lebih penting dibandingkan segalanya...




Pasek Suryawan:
Pesan singkat dari saya: Seminar nasional adalah inovasi baru yang sangat bagus, tapi juga punya resiko terkait dengan pemisahan GLM dan GSM. Namun, hal ini tidak menjadi masalah. Sebab, menciptakan inovasi baru berarti berani mengambil resiko. Itu baik selama kita bisa memaknainya dengan baik...

Yeyeye,,, A CHANGE TO BE BETTER...!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …