Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PGM : OPINI

Krisna Wijaya:
Secara keseluruhan, PGM tahun ini mengalami banyak perkembangan dibandingkan tahun lalu. Banyak inovasi baru yang diciptakan. Dari segi persiapan, sudah cukup baik. Namun, koordinasi antara koordinator sie dengan anggotanya masih sangat kurang, sehingga terkesan kurang adanya kerjasama yang baik antar-panitia PGM.
Jika dibandingkan tahun lalu, persiapan PGM tahun lalu jauh lebih matang dibandingkan tahun ini. Hal ini disebabkan karena sebagian besar anggota HMJ sekarang kurang memiliki integritas yang tinggi terhadap HMJ. Di samping itu, kurangnya persiapan terjadi karena fasilitas yang sangat tidak memadai di HMJ, sehingga kegiatan persiapan PGM tidak dapat berjalan dengan maksimal.
Yang terakhir, diharapkan dosen lebih menaruh perhatian pada kegiatan ini. Kenapa? Sebab, dari PGM sebelumnya, sebagian besar dosen terutama di lingkungan Jurusan Pendidikan Matematika terkesan kurang peduli terhadap kegiatan ini. Hal ini nampak dari segi kehadiran dosen yang sangat kurang, baik pada saat pembukaan, kegiatan inti, maupun penutupan. Intinya, dosen kurang berpartisipasi. Meski ini program HMJ, namun kegiatan ini merupakan bagian dari Jurusan Pendidikan Matematika, tempat kita bernaung sekarang ini. 


  Widnyana:
Sejak tahun 2009 hingga tahun ini, kekompakan anggota HMJ sebagai penyelenggara dan pelaksana kegiatan PGM masih sangat kurang. Hanya orang yang diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan suatu tugas yang melaksanakan hal itu. Hal ini mencerminkan sebagian besar anggota HMJ masih bersifat individualistis, dan tidak menjalankan kegiatan PGM ini atas dasar saling memiliki.
Namun, secara umum, PGM terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan penyempurnaan di beberapa sisi menjadi lebih kreatif dan inovatif dibanding sebelumnya. Hanya saja, yang perlu diresapi dengan baik adalah PGM bukanlah program yang dibuat untuk mengejar sesuatu. Namun program ini adalah sebagai wujud konkret dari visi HMJ yang telah kita tetapkan bersama, yakni mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan. Jadi jangan sampai PGM atau kegiatan lain yang pada dasarnya kita laksanakan demi sebuah tujuan yang mulia, justru menjadi cambuk yang memecah belah rasa persaudaraan di HMJ ini.
Mari jadikan PGM sebagai pupuk yang menyuburkan rasa kekeluargaan di antara kita. Kekeluargaan dan kebersamaan memang indah. Namun menciptakan sebuah kebersamaan itu jauh lebih indah dan bermakna... Semangat! Matrik’s jaya!



Agus Suputrayasa:
Jika dibandingkan dengan PGM yang telah dilaksanakan sebelumnya, PGM tahun ini jauh lebih bervariasi. Sebenarnya, ide dari beberapa inovasi yang mulai dilaksanakan pada PGM tahun ini, seperti Seminar Nasional sudah muncul pada PGM sebelumnya. Namun, karena ada banyak halangan yang merintang, hal itu belum dapat terlaksana pada PGM tahun sebelumnya. Jadi, salut untuk anggota HMJ Pendidikan Matematika karena berani mengambil langkah besar, sebuah perubahan untuk kemajuan.
Intinya, PGM tahun 2011:
Dari segi ide, wahh! Mengagumkan. Tetapi, suatu inovasi yang besar dan mengagumkan tiada artinya tanpa dibarengi dengan kerja keras, komitmen, dan tanggung jawab bersama. Berinovasi itu penting, asalkan hal ini dilakukan demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.
Ingat, PGM bukan hal yang paling utama. Silaturahmi antar mahasiswa, dosen, alumni, dan seluruh keluarga besar Jurusan Pendidikan Matematika lebih penting dibandingkan segalanya...




Pasek Suryawan:
Pesan singkat dari saya: Seminar nasional adalah inovasi baru yang sangat bagus, tapi juga punya resiko terkait dengan pemisahan GLM dan GSM. Namun, hal ini tidak menjadi masalah. Sebab, menciptakan inovasi baru berarti berani mengambil resiko. Itu baik selama kita bisa memaknainya dengan baik...

Yeyeye,,, A CHANGE TO BE BETTER...!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support