Langsung ke konten utama

Pemilihan Teruna-teruni KMHD YBV UNDIKSHA 2015



Tak Hanya Angka, Matrik’s Berjaya di Bidang Seni Budaya

Pemilihan teruna-teruni KMHD YBV UNDIKSHA tahun 2015 diadakan kembali serangkaian HUT XIX KMHD YBV UNDIKSHA dengan mengambil tema “Membangun Karakter yang Beragama dan Berbudaya”. Ajang untuk mencari icon KMHD YBV UNDIKSHA ini diawali dengan babak penyisihan pada 05 Februari 2015 lalu. HMJ Pendidikan Matematika pun turut berpartisipasi mengirimkan 4 orang perwakilannya. Mereka adalah Ni Putu Eka Sucipta Dewi (4D), Dewa Ayu Sri Ayulia (2D), Ketut Adi Sukadarma (2B) dan Made Koji Satya Nugraha (2A). Dalam babak penyisihan ini terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah tes keterampilan membuat sarana upacara di Bali. Calon teruna diminta untuk membuat 1 buah klakat dan sengkui beserta pemaknaannya. Sementara calon teruni diwajibkan untuk membuat 1 buah tamiang dan sepasang gantung-gantungan yang disertai pula dengan pemaknaannya.

Pada tahap kedua rencananya akan diadakan tes minat bakat, namun karena mendadak listrik padam membuat tes minat bakat ditunda dan diganti dengan tes yang seharusnya menjadi tahap ketiga yaitu tes wawancara. Meski begitu, animo anggota HMJ Pendidikan Matematika yang sejak pagi telah datang untuk mendukung perwakilannya tak surut. Mereka dengan sabar duduk di luar gedung Auditorium UNDIKSHA sambil menemani perwakilannya mendapat giliran tes wawancara. Dalam tes wawancara, calon teruna-teruni KMHD YBV UNDIKSHA ditanyai wawasannya seputaran masalah ipoleksosbudhankam. 



Seusai tes wawancara yang disusul dengan istirahat makan siang, babak penyisihan dilanjutkan dengan tahap terakhir yaitu tes minat bakat. Ketut Adi Sukadarma dan Made Koji Satya Nugraha menampilkan suara emasnya dengan lagu pop Bali. Sementara, kedua calon teruni perwakilan HMJ Pendidikan Matematika dengan kompak menampilkan kelihaian mereka dalam menarikan tarian daerah Bali. Ni Putu Eka Eka Sucipta Dewi menampilkan tarian Condong yang berhasil mengantarkannya melaju ke babak final menyisihkan 11 calon teruni lainnya termasuk Dewa Ayu Sri Ayulia. Sementara hasil pahit dialami oleh kedua calon teruna perwakilan HMJ Pendidikan Matematika yang mesti mengakui bahwa ada 5 orang calon teruna perwakilan HMJ lainnya yang lebih baik daripada mereka yang mampu melaju ke babak final. 

Babak final pemilihan teruna-teruni KMHD YBV UNDIKSHA tahun 2015 diadakan pada tanggal 17 Februari 2015 di wantilan Parahyangan UNDIKSHA. Pada babak final ini, Ni Putu Eka Sucipta Dewi yang mendapat nomor urut 5 dan berpasangan dengan Putu Adi Periawan dari HMJ PKK bersama keempat pasang calon teruna-teruni lain memeragakan busana adat ke pura yang dilanjutkan dengan tes wawancara. Ni Putu Eka Sucipta Dewi mendapat pertanyaan berkenaan dengan bidang pendidikan yang mampu dijawabnya dengan begitu lugas. Riuh tepuk tangan mengiringi tatkala MC menyatakan bahwa Ni Putu Eka Sucipta Dewi dinobatkan sebagai runner up I Teruni KMHD YBV UNDIKSHA tahun 2015. Echa begitu ia biasa disapa mengaku bangga dapat mewakili dan mengharumkan nama HMJ Pendidikan Matematika dalam ajang ini. Kedepannya Echa berharap perwakilan HMJ Pendidikan Matematika dapat mencapai prestasi yang lebih baik ketimbang dirinya dalam ajang serupa. Hal ini mengisyaratkan bahwa mahasiswa dari  HMJ Pendidikan Matematika tidak hanya mampu berkutat dengan angka-angka saja, namun terbukti juga mampu bersaing dalam bidang kesenian. Tunjukkan prestasimu, harumkan nama HMJ Pendidikan Matematika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …