Langsung ke konten utama

OSKAR Bukan Ajang Balas Dendam

Menjadi seorang mahasiswa tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mencapai gelar sarjana, tentu memerlukan usaha yang tidak sedikit dan terkadang memerlukan usaha yang ekstra untuk menaklukan segala aral melintang yang dihadapi. Kehidupan menjadi seorang mahasiswa tentu sangat berbeda dengan kehidupan seorang siswa. Yang ketika SMA ada yang namanya tidur malam, tetapi ketika menjadi mahasiswa bahkan tidak tidur semalam suntuk pun menjadi sesuatu yang biasa, yang tadinya tugasnya hanya dua halaman ketika masih duduk di sekolah namun ketika masuk kuliah tugas bahkan hamper setiap hari dan berhalaman-halaman. Hal yang sama mungkin dirasakan oleh para mahasiswa baru Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika ketika mereka mengikuti kegiatan OSKAR 2018. Mereka harus mengerjakan banyak sekali tugas yang diberikan oleh para panitia, harus bangun pagi-pagi buta, harus menggunakan pakaian yang telah ditentukan, dan mengikuti semua kegiatan yang telah dirancangkan oleh panitia pelaksana. Namun perlu diketahui, bahwa OSKAR bertujuan agar para mahasiswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yang akan mereka tempati selama kurang lebih 4 tahun ke depan, dan bukan malah sebaliknya. Kegiatan OSKAR memang bersifat sedikit memaksa. Hal ini tentu bukan berarti tanpa tujuan jelas. Hal tersebut dilakukan agar mampu membentuk mental yang benar-benar siap untuk menjadi seorang mahasiswa pada mahasiswa baru. Sehingga para mahasiswa baru diharapkan mampu beradaptasi dengan cepat. OSKAR bukanlah ajang balas dendam dari kakak tingkat kepada adik tingkat, melainkan kakak tingkat membantu adik tingkatnya untuk menjadi mandiri, disiplin, bertanggung jawab, serta memiliki rasa kekeluargaan satu dengan yang lainnya. Serangkaian kegiatan OSKAR berlangsung selama 5 hari, yaitu pada tanggal 22, 23, 25, 29 dan 30 september 2018. Dengan mengusung tema “ Kenali Jurusanmu Tunjukkan Dedikasimu” diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih mengenal bagaimana lingkungan mereka, baik itu orang-orang didalamnya maupun tata tertib yang ada yang harus mereka taati selama menjadi mahasiswa jurusan matematika. Adapun tema yang diusung pada OSKAR 2018 ini yaitu, matrik’s sehat, pelatihan PKM, matrikulasi, seminar, lomba madding, lomba debat, softskill, malam inisiasi, serta pengenalan AD/ART. Kegiatan yang diketuai oleh srik wahyuni dari kelas 5B ini sudah berjalan dengan lancar, meskipun ada sedikit kendala namun hal itu dapat diatasi dengan cepat oleh kepanitiaan yang bersangkutan, sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.