Langsung ke konten utama

Pelepasan Wisudawan/Wati Tahun 2015

Pelepasan Wisudawan/Wati Tahun 2015
Keberhasilan mu, Kebanggaan ku
Kita tidak akan mengetahui seberapa besar kekuatan kita sebelum kita berani melakukan perjuangan maksimal untuk meraih impian besar, tulis  Merry Riana dalam akun twitter-nya @MerryRiana, sebuah pemikiran sederhana yang barangkali juga terbesit dalam sanubari para wisudawan/wati  yang hadir pada selasa, 18 Agustus 2015 di  acara pelepasan wisudawan/wati malam lalu. Sebuah langkah  dan  babak baru pun segera dimulai. Impian menyandang gelar S.Pd dan beranjak ke impian berikutnya pun telah menanti yakni memulai pengabdian diri  bagi bangsa Indonesia khususnya dalam hal pendidikan yang nyatanya adalah salah satu impian besar yang tak hanya mengandalkan kemampuan tetapi jauh yang tak kalah penting untuk diingat bahwa sebuah pekerjaan impian memerlukan kesetiaan semangat dan rasa cinta saat prosesnya sedang berjalan.

Selasa, 18 Agustus 2015 lalu HMJ Pendidikan Matematika menggelar sebuah acara untuk melepas para calon wisudawan/wati yang rencananya akan diwisuda pada penghujung Agustus ini. Acara yang diselenggarakan di Auditorium UNDIKSHA ini mengemas beberapa kegiatan menarik di dalamnya sebagai persembahan spesial bagi mereka ke-63 wisudawan/wati yang hadir malam itu. Tari  Buratwangi tampil sebagai  pembuka acara  yang  diketuai oleh I Made Widiastika ini. Gerakan gemulai penari pun membius perhatian penonton yang terdiri dari ketua jurusan HMJ Pendidikan Matematika, undangan dosen, ketua HMJ se-lingkugan FMIPA, dan anggota aktif HMJ Pendidikan Matematika. Acara pun dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelepasan. Meski masih menginjak semester tiga, I Made Widiastika, tak ragu untuk mengambil tanggung jawab sebagai ketua pantia tahun ini. Selanjutnya, acara dibuka dengan penyampaian sambutan dari ketua jurusan Pendidikan Matematika, Dra. Gusti Ayu Mahayukti, M.Si. Riuh tepuk tangan penonton pun memberi atmosfer tersendiri saat Beliau menyampaikan beberapa kesannya terhadap perjuangan para wisudawan/wati malam itu.
Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, penyerahan vandel bagi mereka para wisudawan/wati.  Sebuah vandel cantik terukirkan gelar S.Pd mengekor  usai  nama wisudawan/wati mampu memahat senyum  sumringah yang mulai menghiasi kesukesan yang mereka raih. Pelepasan yang mengusung tema “Keberhasilanmu, Kebanggaanku” ini pun berlanjut dengan sesi foto bersama. Selanjutnya, dengan dipandu oleh Bagus Ardhana  dan Meisa sebagai MC malam itu, mengundang dua orang  sosok yang akan  menjadi panutan jiwa kepemipinannya, yang akan kita rindukan saran-saran kritisnya serta masih banyak hal yang akan kita kenang dari sosok mereka untuk menyampaikan sepatah dua patah kesan dan pesannya selama berada dalam keluarga Matriks. Mereka adalah Adi Wirayana dan Made Andi Laksana.
Malam semakin  larut  tapi  keseruan  acara sesungguhnya  masih  belum  terjamah. Usai makan malam yang ditemani  musik acoustic dari  Agus Wawan dan kawan-kawan, acara pun berlanjut ke sebuah  persembahan anggota HMJ Pendidikan Matematika yakni  operet  bertajuk “Kasih  Tak Sampai” yang mengenalkan kita pada kisah cinta  si  kaya  dan si  miskin yang berakhir  happy ending, meski  Denis (anak orang kaya) yang diperankan oleh Koji dan Dijah (anak orang miskin) yang diperankan oleh Mely tidak berakhir dengan hidup bersama. Alur cerita dirancang sangat rapi tanpa meninggalkan beberapa adegan yang cukup menguras tawa penonton. Keseruan berlanjut saat pemenang beberapa nominasi award dibacakan, ya mulai dari nominasi wisudawan/wati ternarsis, ter-unyu, terseksi, tergalak, terpolos, dan ter-alay. Publik pun  dibuat bertanya-tanya oleh  MC malam itu. Dan akhirnya pemenang pun ditetapkan, bak mendapat award ala-ala selebriti, pemenang pun memberikan beberapa kesannya. Dengan bangga award  sebagai wisudawan ternarsis  disabet oleh  Dewa Pratama, ter-unyu diraih oleh Adi Wirayana,  terseksi  dipegang  oleh  Deviana, tergalak dengan  puas diraih  oleh  Andi  Laksana, terpolos diraih oleh Ayu Dhana, serta ter-alay dengan tak  terduga  disabet  oleh  Prima.
Memandang  waktu yang  kian larut, ada  beberapa  acara  yang mesti di-cut  dari susunan acara oleh kepanitian. Tapi, hal ini bukanlah menjadi masalah besar lantaran acara berrikutnya pun tak kalah menarik. Usai penampilan dance, acara pun dilanjutkan dengan pemutaran video dokumenter ramah tamah jurusan Pendidikan Matematika Tahun 2011. Kenangan itu pun mulai terngiang d benak para wisudawan/wati. Adanya tingkah kocak dalam video tersebut tak khayal mengundang gelak tawa penonton hingga terpingkal-pingkal. Namun, keseruan nampaknya harus berakhir usai penampilan persembahan dari perwakilan wisudawan/wati, Selasa lalu. Acara pun usai.
Ini bukanlah sebuah akhir, tapi sebuah awal yang baru bagi kalian para wisudawan/wati. Harumkan nama almamater, jadilah pribadi yang lebih untuk impian besarmu. Terimakasih atas semangat yang kalian beri, motivasi yang selalu membuat kami berani, kritik yang membuat kami, adik mu untuk membenah diri, suka duka yang menjadi cerita tak terlupakan. Terima kasih. Keberhasilan mu, Kebanggaan ku. Matriks JAYA !!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…