Langsung ke konten utama

Pekan Gema Matematika Tahun 2012

Pekan Gema Matematika Tahun 2012
Membangun Insan Pendidikan yang Kreatif, Kompetitif, dan Tanggap Arus Informasi

Kemajuan peradaban manusia tidak lepas dari peranan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK yang demikian pesat telah mengantarkan kita menuju dunia baru, dunia matematika. Matematika sebagai ratu dari bebagai ilmu memiliki peranan yang cukup besar dalam mewujudkan dunia baru itu. Demikian besar peranan matematika dalam kehidupan ini sehingga tak ada satupun aktivitas manusia yang tidak diwarnai oleh matematika. Karena itulah Kline (dalam Liennawaty) menyatakan bahwa “Jatuh bangunnya suatu negara dewasa ini tergantung pada kemajuan di bidang matematika”.

Berdasarkan  penelitian Trends in International Mathematics and Science Study (TIMMS),  matematika Indonesia berada di peringkat ke-34 dari 38 negara. Padahal kalau diteliti lebih dalam lagi, berdasarkan penelitian yang juga dilakukan oleh TIMMS jumlah jam pengajaran matematika di Indonesia dalam satu tahun, siswa kelas 8 di Indonesia rata-rata mendapat 169 jam pelajaran matematika, jumlah yang cukup banyak. Tapi kenyataannya, prestasi matematika siswa Indonesia hanya menembus skor rata-rata 411 (400 = rendah, 475 = menengah, 550 = tinggi, dan 625 = tingkat lanjut). Artinya “Waktu yang dihabiskan siswa Indonesia di sekolah tidak sebanding dengan prestasi yang diraih”. Disamping itu, dalam IMO 2010 (51st International Mathematical Olympiad July 2-14, 2010), Indonesia berada di urutan ke-30 dari 98 negara peserta.

Keadaan ini perlu diperhatikan dengan kedudukan dan peran matematika untuk pengembangan ilmu dan pengetahuan, mengingat matematika merupakan induk ilmu pengetahuan. Matematika saat ini belum menjadi pelajaran yang difavoritkan. Alih-alih difavoritkan, mata pelajaran ini sering dianggap momok bagi sebagian besar peserta didik. Situasi ini tentunya merupakan tantangan bagi kita semua. Sudah merupakan kewajiban kita untuk ikut menciptakan iklim yang kondusif dalam pembangunan pendidikan matematika di Indonesia. Oleh karena itu, kami merasakan perlunya diselenggarakan suatu kegiatan yang bisa menjadi stimulus bagi peningkatan etos ilmu, penajaman kuriositas matematika, pembangunan informasi dan komunikasi dalam bidang matematika, semangat belajar, dan pengembangan eksplorasi ilmiah para siswa di bidang matematika. Secara berjenjang , kontinu dan dengan kemitraan yang erat antara pemerhati matematika, upaya semacam ini bisa meningkatkan prestasi siswa di bidang matematika.

Sehubungan dengan itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha menyelenggarakan Gema Lomba Matematika Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se-Bali. Selain Gema Lomba Matematika juga diselenggarakan Gema Ekspo Matematika, dan Gema Kreasi Matematika yang dirangkai dalam event yang disebut PGM (Pekan Gema Matematika). PGM dapat dikatakan sebagai perhelatan ilmiah bagi siswa dan guru SD, SMP, SMA dan SMK se-Bali yang terpilih dan berbakat di bidang matematika. Mereka datang untuk berkompetisi, uji kecerdasan, dan tanding kecakapan nalar secara obyektif guna menjadi yang terbaik dan excellence di bidang matematika.

Terkait dengan itu, kami melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah dalam usaha menciptakan suatu iklim pendidikan yang kondusif melalui PGM. Akan tetapi untuk mewujudkan hal itu, sudah barang tentu kami tidak bisa berjalan sendiri. Dukungan dari semua pihak yang memiliki komitmen demi kemajuan pendidikan di negeri kita ini akan sangat membantu berjalannya kegiatan ini secara optimal.

 Download
Formulir Pendaftaran GLM 2012-


BrosUR Expo PGM 2012--------------------Download atau Lihat

BrosUR GLM SD PGM 2012-------------------------Download atau Lihat

BrosUR GLM SMA PGM 2012-----------------------Download atau Lihat

BrosUR GLM SMK PGM 2012-----------------------Download atau Lihat

BrosUR GLM SMP PGM 2012-----------------------Download atau Lihat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …