Langsung ke konten utama

Mempererat Tali Persaudaraan HMJ Matematika melalui Suksesi Tahun 2020

 



25 Februari 2021

Singaraja-Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Undiksha atau sering disebut HMJ Matematika Undiksha merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berada di tingkat Jurusan. Pada bulan Februari lalu, HMJ Matematika Undiksha melaksakan kegiatan suksesi. Suksesi merupakan salah satu program kegiatan rutin tahunan HMJ Matematika yang kegiatannya meliputi pembahasan pertanggungjawaban pengurus HMJ Matematika masa bakti 2020/2021, pembahasan GBPK atau Garis Besar Program Kerja, serta pemilihan Ketua HMJ Matematika masa bakti 2021/2022.

Sebelum kegiatan suksesi berlangsung, dibentuklah terlebih dahulu kepanitiaan suksesi yang terdiri dari dua kepanitiaan, yaitu Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC) dan Panitia Pelaksana atau Organizing Committee (OC). Melalui pemilihan yang disebar melalui google form, maka terpilih Ni Kadek Sri Damayanti sebagai Ketua Panitia Pengarah Suksesi 2020 dan I G. Ngurah Arya Bayu Arthana sebagai Ketua Panitia Pelaksana Suksesi 2020.

Panitia Pengarah mempunyai beberapa tugas dalam kegiatan suksesi ini, mulai dari mengatur jalannya kegiatan penyeleksian calon Ketua HMJ, pemilihan Ketua HMJ, Sidang, dan sampai pada acara inti yang terakhir yaitu puncak pelaksanaan suksesi. Adapun calon tetap Ketua HMJ Matematika Undiksha masa bakti 2021/2022 yaitu I Putu Dodik Sukma Indranata dari kelas 4 Matematika dan I Putu Saka Yudipastrawan  dari kelas 4 Matematika.

Ada beberapa kegiatan serangkaian suksesi tahun 2020 yaitu Fit and Proper Test yang dilaksanakan 2 kali dengan kegiatan pemahaman tentang organisasi (HMJ) dan manajemen pengambilan keputusan, serta public speaking bagi kedua Calon Ketua HMJ Matematika masa bakti 2021/2022. Selain itu juga, kegiatan serangkaian suksesi HMJ Matematika tahun 2020 yaitu debat calon Ketua HMJ Matematika yang dilaksanakan pada Jumat, 05 Februari 2021 dimulai pada pukul 09.30 WITA yang dihadiri oleh anggota HMJ Matematika dan 2 panelis yaitu 1 Dosen Jurusan Matematika Undiksha dan demisioner ketua HMJ Matematika masa bakti 2016/2017. Debat ini dibedakan menjadi dua sesi, yakni sesi pertama dilaksanakan debat antara calon tetap Ketua HMJ Matematika dengan panelis, dan sesi kedua yakni debat calon tetap Ketua HMJ Matematika dengan partisipan dalam acara debat. Dan kegiatan yang ditunggu-tunggu yaitu Pra Suksesi. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 06 Februari 2021 s.d. 07 Februari 2021. Selama dua hari tersebut diadakan kegiatan lomba Tiktok dan e-sport. Kegiatan e-sport ini diawali dengan presensi peserta, dilanjutkan dengan Live Streaming YouTube. Sedangkan lomba Tiktok dilakukan dengan membuat video antar angkatan yang di upload melalui akun Instagram.

20 Februari 2021 dan 21 Februari 2021 merupakan tanggal yang sangat penting dan bersejarah dimana pada tanggal tersebut merupakan puncak kegiatan suksesi HMJ Matematika tahun 2020 yang berlangsung di RSM (Ruang Seminar MIPA). Kegiatan ini diawali dengan presensi peserta, dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Undiksha dan selanjutnya diserahkan kepada panitia pengarah untuk melaksanakan siding. Presidium sidang tetap pada suksesi tahun 2020 ini adalah Gde Nengah Gatra Priyambada sebagai Ketua Presidium, Ni Wayan Sri Maeti sebagai Wakil Presidium, dan Luh Hanny Arsana Putri sebagai Sekretaris Presidium.

Setelah mengikuti beberapa sidang, sidang yang terakhir yaitu pemilihan Ketua HMJ Matematika masa bakti 2021/2022. Pemilihan Ketua HMJ Matematika Undiksha masa bakti 2021/2022 dimulai dari penguatan untuk kedua calon dari 5 orang peserta sidang dengan alasan-alasan pendukungnya. Setelah penguatan dilakukan dan belum mendapatkan kesepakatan maka dilanjutkan dengan lobbying tertutup. Dengan dilakukan lobbying tertutup juga belum mendapatkan kesepakatan maka dilanjutkan dengan pemungutan suara yang telah menemukan hasil terpilihnya I Putu Saka Yudipastrawan sebagai Ketua HMJ Matematika masa bakti 2021/2022. (dea)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.