Langsung ke konten utama

GEMAKAN SEMANGAT UNTUK PGM 2020 YANG BERGEMA

 

    Singaraja - Pekan Gema Matematika (PGM) merupakan program kerja utama yang diselenggarakan secara tahunan oleh HMJ Matematika Undiksha yang sekaligus dalam rangka HUT Jurusan Matematika Undiksha. PGM ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yakni GLM (Gema Lomba Matematika), GEM (Gema Expo Matematika), dan GKM (Gema Kreasi Matematika) yang berlangsung dari bulan Januari hingga April. Sesuai namanya, GLM ini merupakan kegiatan perlombaan yang diikuti oleh adik-adik SD, SMP, SMA, dan SMK serta juga guru-guru se-Bali, kemudian dilanjutkan dengan GEM yang mana akan digelar expo atau pameran selama beberapa hari, dan yang terakhir adalah GKM yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan pagelaran seni dari HMJ Matematika Undiksha. Melihat hal tersebut maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa program kerja ini menjadi kegiatan yang sangat ditunggu- tunggu oleh seluruh mahasiswa jurusan Matematika.

    Mengingat bahwa PGM ini menjadi kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu, tentunya PGM 2020 ini dibuat menjadi sedikit berbeda dari tahun sebelumnya dan berharap menjadi lebih baik dari PGM tahun sebelumnya. Seperti kegiatan pada umumnya, tentunya tidak akan terlepas dari sebuah hambatan, menurut penuturan Putu Indra Pradhana, selaku Ketua Panitia PGM 2019, pada PGM 2019 mengalami beberapa hambatan, salah satunya adalah berkurangnya peserta yang dikirim oleh sekolah untuk mengikuti GLM sehingga berdampak pada total jumlah peserta yang mengikuti GLM. Melihat hambatan tersebut pada kegiatan PGM 2019, tentunya ada inovasi- inovasi baru untuk PGM 2020 ini, khususnya GLM. Ketua Panitia PGM 2020, Kadek Santhika Yoga, menyebutkan bahwa ada yang berbeda dengan GLM tahun ini, yakni yang pada tahun sebelumnya diselenggarakan Lomba Matematika tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK, serta seminar, sedangkan pada tahun ini seminar tersebut digantikan oleh Lomba Media Pembelajaran yang diikuti oleh guru-guru se-Bali. “Bukan hanya itu saja, pada tahun ini juga akan diselenggarakan kegiatan penanaman, kemudian akan diselenggarakan pula semacam lomba foto di GEM, dan pada GKM akan diciptakan sebuah kolaborasi serta adanya satu penampilan baru di GKM yakni Digital Animated Dance,” ucapnya. Dengan adanya inovasi-inovasi baru tersebut, tentunya seluruh anggota HMJ Matematika Undiksha mengharapkan inovasi tersebut dapat terwujud dan berjalan lancar, termasuk Ketua HMJ Matematika Undiksha, I Ketut Ardika. Ia menyebutkan, bahwa bukan hanya kelancaran saja yang diharapkan dari kegiatan ini tetapi juga menjadi pembelajaran sekaligus pengalaman bagi seluruh anggota HMJ Matematika Undiksha. “Melalui kegiatan PGM 2020 ini, semoga mampu menjadi wadah untuk mengembangkan potensi diri dan kreativitas dari seluruh anggota HMJ Matematika Undiksha sekaligus mempererat persaudaraan. Bukan hanya itu saja, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi wadah bagi guru maupun siswa untuk berprestasi, khususnya di bidang Matematika,” ujarnya. (ays)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.