Langsung ke konten utama

PENDEKATAN RELIGI MELALUI TIRTA YATRA


Melakukan Yadnya sudah menjadi kewajiban umat Hindu sebagai wujud syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi dan segala manifestasi-Nya. Banyak bentuk yadnya yang telah dilaksanakan oleh umat Hindu dengan atau tanpa disadari karena dilakuan dengan tulus ikhlas. Salah satu contohnya yaitu melaksanakan  kegiatan “Tirta Yatra”. Tirta yatra sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh umat Hindu sejak dulu, sejalan dengan kemajuan dan meningkatnya kesejahteraan maka tempat suci yang dikunjungi semakin luas.
            Seperti halnya Himpunan Jurusan Matematika, kegiatan tirta yatra sudah menjadi kegiatan tahunan wajib yang dilaksanakan sebagai wujud syukur terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tirta yatra bukanlah perjalanan biasa untuk bersembahyang, namun didalamnya termuat pengendalian diri dan pengekangan diri. Dan diharapkan melalui program tahunan tirta yatra ini terjadi interaksi positif  diantara para pelaku tirta yatra.  Kegiatan tirta yatra ini juga dapat mendekatkan  antar umat manusia satu dengan yang lainnya, karena dalam perjalanan akan terjadi suatu komunikasi social, suka-duka, bercanda ria, dan interaksi lainnya.
            Kegiatan Tirta Yatra yang dilaksanakan oleh HMJ Matematika berlangsung pada 20 Oktober 2018. Adapun tema dalam kegiatan ini yaitu "Tingkatkan Sradha, Bhakti dan Kesucian Pikiran Berlandaskan Tri Hita Karana Melalui Tirta Yatra HMJ Matematika 2018”. Tempat suci yang dikunjungi dalam kegiatan tirta yatra tahun ini adalah Pura Melanting, Pura Agung Pulaki, Pura Jaya Prana,dan Pura Luhur Rambut Siwi. Perjalanan yang ditempuh menggunakan traver independen tour dengan fasilitas yaitu spanduk, konsumsi sebanyak 2x dalam bentuk prasmanan, air, banten, dan juga snack. Kegiatan ini diharapkan menambah rasa kekeluargaan mahasiswa jurusan matematika sekaligus sebagai ucapan rasa syukur  terhadap Ida Sang Hyang Widhi wasa.
            Kegiatan tirta yatra HMJ Matematika pada tahun 2018 yang diketuai oleh Wayan Pebri Muliatmika dari kelas 3B ini sudah berjalan lancar, meskipun ada sedikit kendala namun hal itu dapat diatasi dengan sigap oleh kepanitiaan yang bersangkutan sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.