Langsung ke konten utama

PERJALANAN PENGABDIAN MELALUI

Satukan Hati, Ulurkan Tangan Untuk Mengabdi Membangun Negeri Berdasarkan Tri Hita Karana
Mahasiswa Matematika tidak hanya berbicara tentang angka-angka, rumus-rumus, dan hitung menghitung, akan tetapi HMPS Pendidikan Matematika juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat HMPS Pendidikan Matematika merupakan salah satu program kerja utama yang berada dibawah naungan Bidang IV. Kegiatan ini di Ketuai oleh I Made Angga Indra Kumbara dari Semester IV kelas D dengan mengusung tema “P2M HMPS Pendidikan Matematika Satukan Hati, Ulurkan Tangan untuk Mengabdi Membangun Negeri Berdasarkan Tri Hita Karana”.
Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr. Gede Suweken, M.Sc selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika. Kegiatan P2M HMPS Pendidikan Matematika tahun 2017 sedikit ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan P2M ini dibarengi dengan penyelenggaraan Kegiatan P2M dari pihak Jurusan Pendidikan Matematika. Tidak hanya anggota HMPS Pendidikan Mtematika saja yang urut hadir dalam kegiatan ini, akan tetapi Bapak Ibu Dosen Jurusan Pendidikan Matematika juga ikut dalam kegiatan P2M ini.
SD N 2 Silangjana merupakan tempat yang disepakati sebagai tempat pelaksanaan P2M HMPS Pendidikan Matematika tahun 2017. SD N 2 Silangjana terletak di kecamatan Sukasada kurang lebih 30 menit perjalanan yang ditempuh dari kampus untuk sampai di SD tersebut. SD ini terletak di pedesaan dan dekat dengan perbukitan. Kondisi fisik dari sekolah bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah bisa dikatakan kurang memadai. Karena kondisi tersebut maka kepanitiaan P2M memilih sekolah ini menjadi tempat kegiatan.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 Hari pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2017 dengan konsep Pengajaran
dan Motivasi, Hiburan serta Penataan Kelas. Hari pertama dilaksanakan kegiatan Pengajaran dan Motivasi, penanaman pohon, serta penataan lingkungan. Hari kedua dilaksanakan hiburan dan penataan kelas.
Pengajaran dan Motivasi diberikan kepada seluruh siswa dan siswi SDN 2 Silangjana. Konsep Pengajaran yang diterapkan kali ini adalah, pengajaran menggunakan alat peraga. Panitia menyediakan 2 jenis alat peraga disetiap kelasnya, yaitu Alat peraga penunjang materi dan alat peraga permainan. Alat peraga penunjang materi ini digunakan untuk mempraktekkan materi yang telah dijelaskan oleh panitia di dalam kelas. Pengajaran dengan alat peraga mampu mem buat siswa senang dalam belajar matematika. Motivasi diberikan dengan cara memberkan siswa menonton video motivasi mengenai cita-cita. Melalui video tersebut diharapkan siswa dapat termotivasi dan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.
Penataan kelas dilakukan untuk membantu siswa agar nyaman dalam melakukan proses belajar mengajar dikelas. Panitia memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan di dalam kelas, membantu mempernis lemari, membuat sekat pembatas kelas, dan menempelkan foto-foto pahlawan, foto presiden dan wakil presiden serta menempelkan Garuda Pancasila. Selain itu HMPS Pendidikan Matematika menempelkan kata-kata mutiara yang diharapkan dapat memotivasi siswa selama berada didalam kelas.
Selama anggota HMPS Pendidikan Matematika melakukan penataan kelas. Siswa-siswi SDN 2 Silangjana mengikuti kegiatan Hiburan. Hiburan diawali dengan pemberian senam pinguin, dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan dan membagikan hadiah kepada siswa-siswi yang mampu memenangka perlombaan dan menjawab pertanyaan dengan benar. Siswa-siswi SDN 2 Silangjana sangat senang sekali dengan hiburan yang diberikan oleh panitia.
Guru SDN 2 Silangjana yang mewakili Kepala SDN 2 Silangjana dalam penutupan  mengucapkan terimakasih banyak kepada HMPS Pendidikan Matematika, berkat kegiatan ini beliau mengatakan peserta didiknya mampu melihat sisi lain dari matematika, peserta didiknya tampak senang dan antosias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan, serta dapat dengan cepat bersosialisasi dengan anggota HMPS Pendidikan Matematika. Beliau berharap kedepannya kegiatan P2M dapat terus dilaksanakan untuk mewujudkan Dunia Pendidikan Indonesia yang lebih baik.


“Lakukan Mulai dari Hal Kecil Untuk Membuat Perubahan yang Besar”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …