Langsung ke konten utama

KREATIVITAS TANPA BATAS DI BERBAGAI ASPEK DALAM PEKAN GEMA MATEMATIKA

Siapa yang tak kenal Pekan Gema Matematika? Sebuah program yang sering disapa PGM yang merupakan program tahunan himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika yang menaungi tiga bidang yaitu GLM, GEM, dan GKM. Gema Lomba Matematika atau sering kita sebut GLM merupakan salah satu bidang yang berada di bawah naungan PGM yang berkaitan dengan pengetahuan. Penyisihan GLM tahun 2017 diselenggarakan di 5 wilayah yaitu wilayah I bertempat di Kampus Tengah Undiksha, wilayah II bertempat di SMA N 1 KUTA UTARA, wilayah III bertempat di SMA N 1 NEGARA, Wilayah IV bertempat di SMA N 1 GIANYAR, dan wilayah V bertempat di SMA N 2 AMLAPURA. Hal yang berbeda dengan GLM tahun sebelumnya dimana untuk jenjang SMA dan SMK juga diselenggarakan di masing-masing wilayah. Babak penyisishan GLM diadakan pada tanggal 5 Februari 2017 untuk jenjang SD dan SMA, tanggal 12 Februari 2017 untuk jenjang SMP dan SMK, dan semifinal serta final dilaksanakan tanggal 22 Februari 2017 yang bertempat di Kampus Tengah Undiksha.
Parade serangkain Pekan Gema Matematika tahun 2017 menjadi sarana informasi bagi masyarakat sekitar mengenai pelaksanaan Pekan Gema matematika tahun 2017.

GLM sangat penting karena kita ketahui Matematika yang dikenal sebagai mother of science memberi banyak anggapan kepada siswa, ada yang menyebut Matematika itu susah dan sebaliknya, dan banyak bukti yang telah menunjukkan prestasi siswa di bidang Matemaika di tingkat Internasional. Kondisi ini menunjukkan ksenjangan yang tinggi antar siswa. GLM merupakan wadah, namun juga digunakan untuk melakukan penelitian terkait kesenjangan yang ada. Dari hasil lomba kita kita peroleh analisis kelebihan dan kekurangan siswa, dan faktor-faktor penyebab kesenjangan, jadi GLM juga dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tutur ketua GLM tahun 2017
“GLM tahun 2017 merupakan program yang sangat bagus dan tetap mampu mempertahankan kualitasnya dengan tidak adanya kecurangan” tutur salah satu guru pendamping.
Selanjutnya Gema EXPO Matematika yang sering kita sapa GEM merupakan bidang yang juga berada di bawah naungan PGM, GEM tahun 2017 mengambil konsep Pedesaan, akan terdapat berbagai stand dari masing-masing angkatan yang menunjukkan berbagai kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. GEM tahun 2017 dibuka dari tanggal 20 Februari 2017 sampai dengan 24 Februari 2017 yang bertempat di parkiran atas dan parkiran bawah Gedung Kuliah B FMIPA.
Gema Kreasi Matematika yang sering kita sapa GEM merupakan pergelaran seni yang menampilkan hasil ekspresi (eksplorasi kreasi dan seni) dari mahasiswa Pendidikan Matematika khususnya di bidang seni, karena seni bagian dari hidup. GEM tahun 2017 dilaksanakan tanggal 19 Maret 2017 bertempat di Auditorium Undiksha. GKM tahun 2017 yang mengambil konsep gangster akan menampilkan berbagai macam kreasi seperti operet, dark light theather, shadow dance, tari kontemporer, fragmen tari, dan tentunya di penghujung acara akan ditampilkan bintang tamu yang pastinya akan menghibur kita semua, tutur ketua GEM tahun 2017.
Dan yang tak kalah seru di sela- sela GLM dan GEM telah dilaksanakan Parade serangkain PGM tahun 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 18 Februari 2017, parade yang mengelilingi pusat kota Singaraja dengan membawa maskot kebanggaan dari Pendidikan Matematika yaitu Burung Hantu. Parade ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai PGM tahun 2017 dan bidang-bidang yang diadakan, dan tentunya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…