Langsung ke konten utama

SEMINAR DAN PELATIHAN SOFT SKILL HMJ PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN 2016


Akhir bulan April Tahun 2016 merupakan momen yang sangat mengesankan bagi seluruh anggota HMJ Pendidikan Matematika. Bagaimana tidak, acara Seminar dan Pelatihan Soft Skill yang dilaksanakan pada Akhir April tepatnya hari Sabtu, 30 April 2016 dan awal Mei tepatnya hari Minggu, 1 Mei 2016 merupakan salah satu program tahunan HMJ Pendidikan Matematika. Seminar Kepemimpinan dan Pelatihan Softskill yang mengusung tema “WUJUDKAN PEMIMPIN YANG CERDAS DAN BERKARAKTER” ini, berlangsung dengan sangat meriah..
            Kegiatan Seminar yang berlangsung pada tanggal 30 April 2016 dimulai pukul 08.00 WITA, diawali dengan acara pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNDIKSHA kemudian dilanjutkan dengan doa. Seusai pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia. Dalam laporannya, ketua panitia memaparkan sub kegiatan dari kegiatan Seminar dan Pelatihan Softskill tahun ini. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika ditandai dengan pemukulan gong. Suara gong yang menggema di ruang Auditorium UNDIKSHA menandakan kegiatan Seminar Kepemimpinan telah resmi dibuka. Untuk mengawali kegiatan Seminar Kepemimpinan, panitia mempersembahkan sebuah video tentang kepemimpinan.  Sebelum beranjak ke acara inti Seminar, pembawa acara memperkenalkan Moderator yang akan memandu jalannya acara. Tak berselang lama, dua orang moderator yang begitu anggun memasuki ruangan Auditorium dengan iringan musik yang membuat ruangan menjadi begitu meriah.
            Acara Seminar dimulai dengan pembicara pertama I Nyoman Sukarta, S.Pd.,M.Si. Seminar kepemimpinan pun berlangsung dengan antusias mahasiswa yang terlihat dari banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya dalam sesi tanya jawab. Tidak kalah dengan pembicara pertama, selanjutnya pembicara kedua yang sudah ditunggu-tunggu yaitu Dr.Shri I Gusti Arya Wedakarna MWS III, SE (MTRU), M.Si ini pun membuat ruangan seminar menjadi begitu panas dengan aura pemimpin yang sangat berkarisma dan semangat yang sangat membara.  Pembicara kedua menyampaikan begitu banyak motivasi dan dorongan agar menjadi seorang pemimpin yang cerdas dan berkarakter. Penutupan seminar pun berlangsung pada pukul 13.10 WITA yang ditutup langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika.
            Keesokan harinya 1 Mei 2016, dilanjutkan dengan acara yang ditunggu-tunggu HMJ Pendidikan Matematika yakni Soft Skill. Soft Skill pada tahun ini HMJ Pendidikan Matematika mengundang UKM Pramuka untuk membantu kegiatan Soft Skill. Soft Skill begitu menyenangkan dengan berbagai jenis kegiatan ataupun permainan yang bernuansa kepemimpin yang diberikan oleh UKM Pramuka.
            Tepat pukul 11.30 wita, suara riuh dari anggota HMJ Pendidikan Matematika pun terdengar. Tiba saat nya pengumuman juara dan pemberian hadiah kepada pemenang dalam kegiatan soft skill tahun ini. Kegiatan softskill diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan untuk UKM Pramuka. Dengan berakhirnya kegiatan Softskill HMJ Pendidikan Matematika, berakhir pula rangkaian Kegiatan Seminar dan Pelatihan Softskill HMJ Pendidikan Matematika. Berakhirnya kegiatan ini, menyisakan kesan istimewa bagi seorang ketua panitia Seminar dan Pelatihan Softskill tahun ini. “Saya merasa bangga dengan berlangsungnya kegiatan seminar dan softskill tahun ini, antusiasme rekan-rekan anggota HMJ patut saya apresiasi karna antusiasme tersebut membuat acara Seminar dan Pelatihan Softskill tahun ini berjalan lancar”, ucap gadis yang akrab disapa Jihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…