Langsung ke konten utama

Matematika Cup Tahun 2015

Mathematica Cup 2015 : Matrik’s tetap Ungguli Rekan Satu Rumpunnya
            Dengan mengusung tema “Menjunjung Tinggi Sportivitas, Kreativitas, dan Solidaritas di Lingkungan Fakultas MIPA”, Mathematica Cup 2015 pun dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) , Prof. Dr. I Nengah Suparta,M.si pada Jumat 16 Oktober lalu. Sorak gembira anggota HMJ Pendidikan Matematika atau yang akrab disapa Matrik’s ini bergemuruh di GOR Bhuwana Patra saat Prof. Suparta melakukan service pertama sebagai simbolis resmi dibukanya kegiatan ini. Kegiatan yang diketuai oleh I Made Aldy Setyadi ini menyertakan tiga jenis perlombaan didalamnya yaitu pertandingan bola volley, lomba cheerleaders, dan lomba supporter yang diikuti oleh ketujuh jurusan yang ada di lingkungan  FMIPA.


Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mempererat tali persaudaraan mahasiswa FMIPA ini nyatanya juga menjadi kegiatan selingan pelipur hati dan pikiran yang tengah disibukkan oleh tugas-tugas perkuliahan yang cukup menyita waktu untuk sekadar berolahraga. Kegiatan ini diawali dengan pertandingan bola volley putri yakni pertandingan antara Katalis (HMJ Analis Kimia) dan Mafia (HMJ Pendidikan Fisika), yang berhasil dimenangkan oleh Mafia. Para supporter pun mulai berdatangan dan menyuarakan dukungan untuk tim andalan masing-masing yang  bertanding. Setelah pertandingan volley putri berakhir, dilanjutkan dengan pertandingan volley putra grup A, masih antara Mafia dan Katalis. Pertandingan kali ini cukup menegangkan karena dari masing-masing tim memberikan penampilan yang sangat optimal. Hal ini menyebabkan skor antar tim pun terus berkejaran dan saling ingin menunjukkan kehebatan masing-masing. Hingga pada akhirnya, Mafia harus mengakui ketangguhan tim dari HMJ Analisis Kimia, Katalis. Pertandingan terakhir malam itu adalah pertandingan kategori putra grup B yang berlangsung antara Visvitalis (HMJ Pendidikan Kimia) dan MSC (HMJ Budidaya Kelautan), yang kemudian ditutup dengan kemenangan  tim  MSC.
Pertandingan kembali dilanjutkan pada hari kedua, yaitu Sabtu, 17 Oktober 2015 pukul 08.00 WITA. Pertandingan pertama yaitu pertandingan volley putra grup A antara Katalis dan Matrik’s. Kali ini supporter semakin ramai berduyun-duyun membanjiri GOR Bhuwana Patra dan saling bersahutan menyemangati masing-masing tim. Hingga waktu pertandingan pun usai , Matrik’s layak berbangga karena skor menunjukkan kemenangan tim Matrik’s. Begitu pula pada pertandingan selanjutnya, tim volley putra grup B dari Bioma (HMJ Pendidikan Biologi) berhasil menaklukkan tim MSC.
Setelah pertandingan babak penyisihan untuk tim volley putri dilakukan pada hari pertama, kini pertandingan selanjutnya dilanjutkan dengan semi final putri yaitu pertandingan antara Bioma-Mafia dan Matrik’s-Katalis. Kedua pertandingan itu membuat para supporter semakin riuh menyuarakan semangat mereka untuk para tim. Pertandingan diakhiri dengan kemenangan atas tim dari Mafia dan Matrik’s yang kemudian berhak masuk ke babak final.
Pertandingan kembali dilanjutkan dengan pertandingan putra antara Mafia-Matrik’s. Suasana GOR semakin ramai dan riuh oleh teriakan dari supporter masing-masing tim. Pada pertandingan kali ini Matrik’s berhasil menaklukkan Mafia. Kemudian di pertandingan putra berikutnya, antara Visvitalis-Bioma, pertandingan berhasil dimenangkan oleh tim dari Visvitalis. Setelah semua grup yang terjadwalkan untuk bertanding hari itu telah usai, kini saatnya pertandingan persahabatan sebagai penutup kegiatan hari itu yakni pertadingan antar alumni Jurusan Pendidikan Matematika dengan pemain-pemain terbaik FMIPA (All Star). Pertandingan berlangsung seru dan menarik karena kekuatan dari kedua belah pihak hampir sebanding. Namun tim dari Alumni berhasil memenangkan pertandingan persahabatan kali ini.
 Minggu, 18 Oktober 2015 menjadi hari yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh mahasiswa FMIPA, karena pada hari ketiga ini babak final dari semua kategori volley, supporter, dan lomba cheerleaders akan dilaksanakan. Perlombaan cheerleaders diikuti oleh enam jurusan, yaitu Pendidikan Kimia, Analis Kimia, Pendidikan IPA, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika. Keenam jurusan ini menampilkan penampilan terbaik mereka, dan seperti biasa, tribun penonton penuh dengan supporter dari masing-masing jurusan yang sangat antusias dan bersemangat memberi dukungan. Penampilan mereka luar biasa lantaran berani mengambil resiko dan berhasil menampilkan formasi-formasi yang cukup berbahaya dengan baik. Dewan juri pun menilai dan memberikan komentar kepada setiap tim peserta lomba. Setelah terhibur dengan penampilan cheerleaders, para supporter kembali dibuat tegang dengan dilanjutkannya pertandingan ke babak penentuan juara III volley putri, final volley putri, penentuan juara III volley putra dan final volley putra. Pada penentuan juara III volley Putri, tim dari Bioma berhasil mengalahkan Visvitalis.  Pada babak final putri, tim dari Mafia berhasil menang dari tim Matrik’s, dan pada pertandingan final putra, tim dari Matrik’s berhasil menang dari tim Visvitalis.
Seluruh pertandingan pun selesai, diakhiri dengan pengumuman juara-juara dan penutupan. Pada pertandingan volley putri, juara I diraih oleh HMJ Pendidikan Fisika, juara II HMJ Pendidikan Matematika dan juara III harus puas diterima oleh HMJ Pendidikan Biologi. Berbeda dari tim putri yang hanya mampu betengger di posisi sebagai juara II, tim volley Matrik’s justru berhasilk mengukuhkan posisi sebagai juara I dalam kegiatan ini, dilanjutkan dengan juara II dari HMJ Pendidikan Kimia dan Juara III HMJ Pendidikan Fisika. Pada perlombaan cheerleaders, Matrik’s kembali berbangga karena meraih juara pertama, juara kedua disabet oleh HMJ Pendidikan IPA serta juara ketiga HMJ Pendidikan Fisika.
Terlepas dari rangkaian kegiatan tersebut, Mathematica Cup tahun ini telah berjalan cukup lancer meski dari segi persiapan mengalami beberapa kesulitan seperti penentuan waktu, jadwal pertandingan yang berubah-ubah karena prubahan sistem permainan maupun lokasi kegiatan. Begitu tutur Aldy, Ketua Mathematica Cup tahun 2015 ketika ditanyakan terkait kegiatan Mathematica Cup tahun ini. “Harapan untuk kegiatan tahun depan adalah adanya partisipasi dari seluruh jurusan di lingkungan FMIPA, baik dalam perlombaan bola volley ataupun cheers. Dan semoga di tahun berikutnya kegiatan mathcup mampu menghadirkan lebih banyak penonton, baik dari jurusan Pendidikan Matematika sendiri yang menjadi tuan rumah maupun jurusan lain yang berada di lingkungan FMIPA, tutupnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …