Langsung ke konten utama

Bioma Open Tahun 2015

BIOMA OPEN 2015
Panen Emas, Matrik’s Raih Gelar Sebagai Juara Umum

Pertandingan bergengsi bertajuk “Bioma  Open” kembali digelar oleh HMJ Pendidikan Biologi di Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), UNDIKSHA. Dengan mengusung tema "Junjung Tinggi Sportivitas,Tingkatkan Solidaritas dan Lahirkan Talenta Berkualitas" diharapkan mampu menyaring bakat-bakat yang di miliki oleh mahasiswa di lingkungan FMIPA. Pertandingan yang berfokus pada bidang olahraga bulutangkis ini dilaksanakan selama dua hari yakni 26 sampai 27 September lalu.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya,  ada lima jenis partai yang akan bertanding yaitu tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. HMJ Pendidikan Matematika pun turut berpartisipasi dengan mengirimkan tim andalannya yakni pada tunggal putra diwakilkan oleh Erdy (Ia) kemudian pada ganda putra diisi oleh Putra Wijaya (3b) bersama rekannya Sudiawan (3c) sedangkan  pada tunggal putri diwakilkan oleh Pio (Ia) dan ganda putri diisi oleh Widya Agustini (5B) ditemani oleh Dani (7d) serta partai ganda campuran yang diisi oleh Megawati (3c) dan Herry (1d).

Pertandingan badminton yang di langsungkan di GOR Fakultas Olahraga dan Kesehatan ini berlangsung sangat menegangkan, meski demikian HMJ Pendidikan Matematika dapat menunjukkan kemampuannya dengan masuknya kelima partai badminton ke babak semifinal. Pada babak semifinal ini, partai ganda campuran sempat tertinggal skor sebesar 11-8  namun dengan arahan pelatih, pasangan Megawati (3c) dan Herry (1d) pun dapat membalikkan keadaan dengan kemenangan telak 21-19. Walau demikian, pasangan ganda campuran ini nyatanya harus tetap mengakui kehebatan partai ganda campuran dari HMJ Budidaya Kelautan (MSC) yang memberikan score akhir 2-1 dan menjadi kemenangan pasangan ganda campuran dari kubu MSC. Beralih dari pertandingan ganda campuran, partai ganda putra HMJ Pendidikan Matematika turun ke arena petandingan melawan HMJ Pendidikan Biologi (BIOMA). Pertandingan yang dihiasi dengan rally-rally panjang ini berakhir dengan unggulnya perwakilan dari Matriks’s, begitu juga dengan pertandingan pada ganda putri, tunggal putri maupun tunggal putra sehingga keempat kelompok pada pertandingan ini melesat ke babak final.

Pertandingan perebutan juara tiga (27/9) pada partai ganda campuran mempertemukan Matriks’s dengan Mafia (HMJ Pendidikan Fisika). Pertandingan ini merupakan pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh beberapa mahasiswa yang saat itu sempat berada di GOR FOK, dimana pada pertandingan ini pasangan ganda campuran Matrik’s harus mengakui ketangguhan tim Mafia yang berhasil unggul dengan score akhir 2-0. Pertandingan selanjutnya merupakan pertandingan final pada tunggal putra Matrik’s yang melawan tunggal putra dari Mafia. Pertandingan kali ini didominasi oleh Erdy dari tim Matrik’s. Hal ini lantaran ia mampu mempertahankan keunggulannya di tiap sesi dengan perolehan score 21-11 dan 21-10. Alhasil, Erdy mampu menyumbangkan emas pertama bagi tim Matrik’s pada Bioma Open lalu. Pertandingan berikutnya adalah final partai ganda putri antara Matrik’s melawan Bioma (HMJ Pendidikan Biologi) dengan kemenangan telak pada ganda putri Matrik’s dengan perolehan skor 21-15 dan 21-16 pada sesi kedua. Kemenangan partai ganda putri ini kembali mengkontribusikan satu emas bagi tim Matrik’s.

Matrik’s pun kembali menuai prestasi melalui partai ganda putranya melalui pertandingan final ketiga antara kubu Matriks melawan MSC. Pertandingan yang lebih menekankan pada kerja tim ini menghasilkan pertandingan yang tak terduga sebelumnya. Pertandingan dengan kemenangan telak pada kubu Matriks (21-18,21-17) ini memberikan emas ketiga bagi HMJ Pendidikan Matematika. Pertandingan yang tak kalah menarik juga terjadi pada final partai tunggal putri tim Matrik’s yang harus melawan wakil dari Mafia (HMJ Pendidikan Fisika). Pertandingan sempat di dominasi oleh Mafia dengan perolehan score 11-8. Namun, dengan strategi jitu yang di miliki Pio akhirnya mampu memenangkan pertandingan kali ini dan menyumbangkan emas keempat bagi tim Matrik’s.

Akhirnya sampailah pada penghujung kegiatan bioma open yang merupakan hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Pertandingan yang telah berjalan selama dua hari tersebut berhasil menempatkan Matrik’s sebagai juara pertama dengan perolehan 4 emas dan di susul oleh MSC pada peringkat kedua serta pada peringkat ketiga di duduki oleh tim Mafia. Dengan perolehan emas yang didominasi oleh tim Matrik’s ini berhasil menyematkannya sebagai gelar juara umum I pada Bioma Open tahun 2015. Selamat Matrik’s, semoga bisa mempertahankan prestasi ini dan berusaha terus melakukan yang terbaik. Matrik’s Jaya!

                                                                                          




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…