Langsung ke konten utama

Mendikbud: Kurikulum 2013 Lahirkan Generasi Berpikir Obyektif

Mendikbud berharap penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi.

       
              Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengutamakan keterampilan, pemahaman, dan pendidikan berkarakter. Dengan kurikulum ini, siswa akan dituntut memahami materi, aktif berdiskusi dan presentasi, serta memiliki sopan santun dan disiplin tinggi.



       Mendikbud menjelaskan, Kurikulum 2013 dapat melahirkan generasi yang berpikir berdasarkan situasi riil di lapangan dan bukan persepsi spekulatif. Siswa dapat meningkatkan keberanian untuk berkomunikasi dalam hal bertanya dan membentuk karakter yang baik.



          "Siswa diharapkan mengubah cara berpikirnya dari persepsi menjadi fakta dan subyektif menuju obyektif," katanya di Jakarta, Senin (11/8/2014). 



           Mendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi. 



       "Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 akan memberikan berbagai hasil positif bagi siswa," katanya.



           Mendikbud menambahkan, Kurikulum 2013 dapat membentuk karakter siswa yang penuh kasih sayang, jujur, disiplin, bersih, dan toleran untuk mendukung pembangunan Tanah Air yang lebih baik. (kutipan dari Kompas.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

            Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".             Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246). Formulir Minat Bakat Surat Pernyataan

Biodata Dosen

BIODATA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA        Bagi rekan-rekan yang belum tahu mengenai beberapa data dosen dapat melihatnya di tabel di bawah ini. Jika ada perubahab mohon agar menyertakannya dikotak koment, sehingga kami dapat merevisinya.

Lomba Media Pembelajaran Matematika se-Bali Tahun 2013

Update ! Batas pendaftaran dan pengumpulan media diundur menjadi tanggal 28 Pebruari 2013 . Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan. Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.