Langsung ke konten utama

Mendikbud: Kurikulum 2013 Lahirkan Generasi Berpikir Obyektif

Mendikbud berharap penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi.

       
              Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengutamakan keterampilan, pemahaman, dan pendidikan berkarakter. Dengan kurikulum ini, siswa akan dituntut memahami materi, aktif berdiskusi dan presentasi, serta memiliki sopan santun dan disiplin tinggi.



       Mendikbud menjelaskan, Kurikulum 2013 dapat melahirkan generasi yang berpikir berdasarkan situasi riil di lapangan dan bukan persepsi spekulatif. Siswa dapat meningkatkan keberanian untuk berkomunikasi dalam hal bertanya dan membentuk karakter yang baik.



          "Siswa diharapkan mengubah cara berpikirnya dari persepsi menjadi fakta dan subyektif menuju obyektif," katanya di Jakarta, Senin (11/8/2014). 



           Mendikbud berharap, penerapan Kurikulum 2013 realistis dalam penilaian dan proses belajar-mengajar siswa-siswi. Penilaian secara otentik, lanjut dia, harus didukung melalui prestasi atau kemampuan siswa-siswi. 



       "Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 akan memberikan berbagai hasil positif bagi siswa," katanya.



           Mendikbud menambahkan, Kurikulum 2013 dapat membentuk karakter siswa yang penuh kasih sayang, jujur, disiplin, bersih, dan toleran untuk mendukung pembangunan Tanah Air yang lebih baik. (kutipan dari Kompas.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…