Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

PELEPASAN BULAN SEPTEMBER : KITA SAUDARA

Oleh: Ade Anggi


Waktu terasa semakin berlaluTinggalkan cerita tentang kita
Akan tiada lagi kini tawamu
Tuk hapuskan semua sepi di hati
Ada cerita tentang aku dan dia
Dan kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka saat kita tertawa

Begitulah kira-kira penggalan lirik lagu “Tentang Kita” yang dipopulerkan oleh Peterpan yang sangat cocok menggambarkan situasi bulan September ini. Sebab, bulan September merupakan agenda tahunan bagi Universitas Pendidikan Ganesha untuk melepas kepergian mahasiswa semester 8 keatas yang telah menamatkan studinya.


Raut kebahagian dan kesedihan terpancar jelas dari wajah calon wisudawan dan wisudawati. Hal itu dikarenakan, disatu sisi mereka telah berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai seorang mahasiswa, sementara di sisi lain mereka harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan yang telah menemani selama kurang lebih 8 semester. Untuk itulah, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pelepasan calon wisudawan dan wisudawati guna memberikan kesempatan untuk mengenang perjalanan mereka hingga berhasil menyandang gelar sebagai sarjana. Dengan diadakannya kegiatan pelepasan ini, diharapkan dapat menimbulkan kesan yang mendalam di hati setiap calon wisudawan dan wisudawati yang akan meninggalkan HMJ Pendidikan Matematika tercinta.

Pelepasan merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan HMJ Pendidikan Matematika sebelum kegiatan wisuda. Pada tanggal 26, 27 dan 28 September 2013 dilaksanakan kegiatan wisuda untuk seluruh mahasiswa yang telah lulus di setiap jurusan yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha. Maka dari itu, pada tanggal 23 September 2013 HMJ Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pelepasan yang bertemakan “Dirimu Diriku Saudara, Kenanglah Hitam Putih Kita Bersama Matriks”

Tema yang diusung kali ini didasari oleh harapan dan tujuan agar seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika mengenang setiap kebersamaan, baik dalam suka maupun duka. Untuk mewakili tema suka dan duka tersebut, maka dipilihlah dress code yang bernuansa hitam dan putih.

Untuk kali ini wisudawan dan wisudawati yang akan mengikuti pelepasan HMJ Pendidikan Matematika sejumlah 45 orang. Adapun mahasiswa tersebut terdiri dari mahasiswa angkatan 2007 sebanyak 2 orang, 2008 sebanyak 8 orang dan 2009 sebanyak 35 orang. Semua persiapan pun sudah mulai terlihat 30 hari sebelum hari “H”. Kegiatan diawali dengan pembentukan susunan kepanitiaan, rapat koordinasi, dan tentunya yang paling terlihat adalah proses latihan yang telah dilaksanakan pada H-7 kegiatan.

Hal yang membedakan kegiatan pelepasan kali ini adalah dekorasi panggung, tempat pelaksanan, dan tentunya konsep acara terutama pada hiburannya. Kepanitiaan yang diketuai oleh I Wayan Suta Ariana ini mampu mengubah gedung auditorium menjadi suatu tempat yang sangat cantik. Perpaduan warna hitam dan putih membuat suasana panggung sangat kental menyatu dengan konsep yang telah direncanakan.

Tempat pun menjadi faktor yang sangat penting dalam kemegahan dekorasi yang tampak pada malam itu. Jika pelepasan bulan Februari lalu di laksanakan di gedung pasca sarjana, kali ini kegiatan pelepasan dilaksanakan di gedung auditorium. Tentunya hal ini membuat rasa nyaman yang lebih di bandingkan di bulan Februari lalu. Dari segi acara, terutama hiburannya memang terlihat cukup berbeda. Ada 3 persembahan utama dalam pelepasan kali ini, yaitu Baliwood dance berupa tari sekar jagat sebagai tari penyambutan. Selanjutnya ada Hollywood dance yang tampil pada tengah acara, dan goyang Caesar yang tampil pada penghujung acara. Persembahan musik akustik dari perwakilan masing-masing semester pun turut memeriahkan acara ini.

            Dapat menampilkan suatu acara yang sederhana ataupun meriah, bukanlah hal utama dari kegiatan ini. Akan tetapi ada satu hal utama dari tahun ke tahun, yaitu setiap kegiatan pelepasan berasal dari anggota HMJ Pendidikan Matematika, oleh anggota HMJ pendidikan Matematika, dan untuk anggota HMJ Pendidikan Matematika. Sehingga setiap kegiatan pelepasan yang dilakukan pasti akan memiliki makna dan kesan tersendiri bagi anggota HMJ Pendidikan Matematika.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support