Langsung ke konten utama

PELEPASAN BULAN SEPTEMBER : KITA SAUDARA

Oleh: Ade Anggi


Waktu terasa semakin berlaluTinggalkan cerita tentang kita
Akan tiada lagi kini tawamu
Tuk hapuskan semua sepi di hati
Ada cerita tentang aku dan dia
Dan kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka saat kita tertawa

Begitulah kira-kira penggalan lirik lagu “Tentang Kita” yang dipopulerkan oleh Peterpan yang sangat cocok menggambarkan situasi bulan September ini. Sebab, bulan September merupakan agenda tahunan bagi Universitas Pendidikan Ganesha untuk melepas kepergian mahasiswa semester 8 keatas yang telah menamatkan studinya.


Raut kebahagian dan kesedihan terpancar jelas dari wajah calon wisudawan dan wisudawati. Hal itu dikarenakan, disatu sisi mereka telah berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai seorang mahasiswa, sementara di sisi lain mereka harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan yang telah menemani selama kurang lebih 8 semester. Untuk itulah, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pelepasan calon wisudawan dan wisudawati guna memberikan kesempatan untuk mengenang perjalanan mereka hingga berhasil menyandang gelar sebagai sarjana. Dengan diadakannya kegiatan pelepasan ini, diharapkan dapat menimbulkan kesan yang mendalam di hati setiap calon wisudawan dan wisudawati yang akan meninggalkan HMJ Pendidikan Matematika tercinta.

Pelepasan merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan HMJ Pendidikan Matematika sebelum kegiatan wisuda. Pada tanggal 26, 27 dan 28 September 2013 dilaksanakan kegiatan wisuda untuk seluruh mahasiswa yang telah lulus di setiap jurusan yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha. Maka dari itu, pada tanggal 23 September 2013 HMJ Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pelepasan yang bertemakan “Dirimu Diriku Saudara, Kenanglah Hitam Putih Kita Bersama Matriks”

Tema yang diusung kali ini didasari oleh harapan dan tujuan agar seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika mengenang setiap kebersamaan, baik dalam suka maupun duka. Untuk mewakili tema suka dan duka tersebut, maka dipilihlah dress code yang bernuansa hitam dan putih.

Untuk kali ini wisudawan dan wisudawati yang akan mengikuti pelepasan HMJ Pendidikan Matematika sejumlah 45 orang. Adapun mahasiswa tersebut terdiri dari mahasiswa angkatan 2007 sebanyak 2 orang, 2008 sebanyak 8 orang dan 2009 sebanyak 35 orang. Semua persiapan pun sudah mulai terlihat 30 hari sebelum hari “H”. Kegiatan diawali dengan pembentukan susunan kepanitiaan, rapat koordinasi, dan tentunya yang paling terlihat adalah proses latihan yang telah dilaksanakan pada H-7 kegiatan.

Hal yang membedakan kegiatan pelepasan kali ini adalah dekorasi panggung, tempat pelaksanan, dan tentunya konsep acara terutama pada hiburannya. Kepanitiaan yang diketuai oleh I Wayan Suta Ariana ini mampu mengubah gedung auditorium menjadi suatu tempat yang sangat cantik. Perpaduan warna hitam dan putih membuat suasana panggung sangat kental menyatu dengan konsep yang telah direncanakan.

Tempat pun menjadi faktor yang sangat penting dalam kemegahan dekorasi yang tampak pada malam itu. Jika pelepasan bulan Februari lalu di laksanakan di gedung pasca sarjana, kali ini kegiatan pelepasan dilaksanakan di gedung auditorium. Tentunya hal ini membuat rasa nyaman yang lebih di bandingkan di bulan Februari lalu. Dari segi acara, terutama hiburannya memang terlihat cukup berbeda. Ada 3 persembahan utama dalam pelepasan kali ini, yaitu Baliwood dance berupa tari sekar jagat sebagai tari penyambutan. Selanjutnya ada Hollywood dance yang tampil pada tengah acara, dan goyang Caesar yang tampil pada penghujung acara. Persembahan musik akustik dari perwakilan masing-masing semester pun turut memeriahkan acara ini.

            Dapat menampilkan suatu acara yang sederhana ataupun meriah, bukanlah hal utama dari kegiatan ini. Akan tetapi ada satu hal utama dari tahun ke tahun, yaitu setiap kegiatan pelepasan berasal dari anggota HMJ Pendidikan Matematika, oleh anggota HMJ pendidikan Matematika, dan untuk anggota HMJ Pendidikan Matematika. Sehingga setiap kegiatan pelepasan yang dilakukan pasti akan memiliki makna dan kesan tersendiri bagi anggota HMJ Pendidikan Matematika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …