Langsung ke konten utama

Seminar Jurnal Ilmiah Sebagai Ajang Tingkatkan Sikap Ilmiah, Kreatifitas dan Kualitas Mahasiswa Pendidikan Matematika

“Program kerja bidang I HMJ Pendidikan Matematika pada tahun 2013 ini ada yang berbeda. Jika tahun sebelumnya kita melaksanakan LKTIM (Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa). Kini pada tahun 2013 menyelenggarakan Seminar Pelatihan Jurnal Ilmiah,” ungkap A.A. Lilyk Cahyani selaku ketua panitia.  Dia juga mengatakan Seminar Pelatihan Jurnal Ilmiah sebagai wadah awal mengenai informasi tentang jurnal ilmiah serta untuk meningkatkan kreativitas menulis, meningkatkan kualitas tulisan para anggota HMJ Pendidikan Matematika serta menjalankan program bidang I.


Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd selaku salah satu reviewer dalam kegiatan seminar dan pelatihan jurnal pada 19 Mei 2013. Dia mengatakan bahwa seminar ini sangat penting bagi mahasiswa, karena bagaimanapun juga mahasiswa harus menulis. Jadi sebelum tahu bagaimana menulis yang baik, ada baiknya mahasiswa harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan seperti kegiatan seminar dan pelatihan jurnal. “Melalui tulisan kita bisa dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya dari orang-orang di kampus saja, tapi kita juga bisa dikenal di luar atau umum, dan juga bila kita bisa menulis jurnal dalam tingkatan internasional,nama kita bisa dikenal oleh ahli-ahli di seluruh dunia. Tidak hanya komunitas Pendidikan .Matematika saja, tapi komunitas umum juga bisa mengenal kita. Melalui tulisan, kita juga bisa mengenalkan atau mewariskan ilmu kita kepada anak cucu kita,” tambah Nyoman Parwati ketika ditanya tentang seberapa penting menulis artikel dalam hidup ini.


Made Suarsana selaku sekretaris jurusan juga berpendapat tentang pentingnya menulis jurnal karena mahasiswa yang akan menyelesaikan study di perguruan tinggi diwajibkan untuk membuat sebuah jurnal penelitian.
“Khususnya di Jurusan Pendidikan Matematika mewajibkan mahasiswa untuk membuat jurnal ilmiah. Sebelum tahun 2012, artikel yang dibuat mahasiswa akan dikumpul oleh sekretaris jurusan. Namun, setelah tahun 2012 jurnal yang telah diselesaikan harus diunggah di e-journal, ” ungkap Made Suarsana saat membuka acara seminar dan pelatihan jurnal.
“Kebanyakan mahasiswa sekarang susah untuk menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan.  Langkah awal yang dapat diambil oleh mahasiswa agar tertarik untuk menulis artikel adalah dengan menulis apa saja infomasi yang ditemui.  Misalnya jika pergi ke perpustakaan dan menemukan buku atau artikel, tulislah informasi yang menarik dengan dilengkapi  sumber bacaan dan kemudian simpanlah informasi tersebut, karena jika suatu saat nanti informasi tersebut diperlukan  untuk melengkapi tulisan yang dibuat maka dapat langsung digunakan tanpa perlu susah payah mencari lagi. Satu hari mendapat satu kalimat saja sudah cukup. Kalimat digabungkan dengan kalimat akan menjadi paragraf, dan setiap ide yang muncul, bisa ditulis dan disimpan sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang utuh.  Setiap ada informasi, simpan rujukan atau sumbernya, seperti menulis daftar pustaka,” saran Nyoman Parwati lanjut.
“Memulai menulis memang susah karena banyaknya masalah real pada mahasiswa saat ini seperti (1) adanya anggapan bahwa artikel merupakan syarat kelulusan sehingga kegiatan menulis menjadi terpaksa pada diri mahasiswa; (2) pengetahuan tentang jurnal kurang mendalam sehingga mahasiswa menjadi enggan untuk menulis; (3) sulitnya menemukan ide yang mudah untuk direalisasikan; (4) minat dan motivasi rendah pada diri mahasiswa; (5) kurangnya membaca literatur yang ada; (6) waktu dan kesempatan kurang digunakan untuk menulis,” jelas Drs. I Made Sugiarta, M.Si selaku motivator dalam seminar yang dilaksanakan di Auditorium.

“Melalui pelatihan jurnal dan seminar akan menambah wawasan tentang menulis serta menumbuhkan ide-ide kreatif melalui menulis. Serta melalui seminar jurnal ilmiah sebagai ajang tingkatkan sikap ilmiah, kreatifitas dan kualitas mahasiswa Pendidikan Matematika”, ungkap Gung Lilyk di akhir pembicaraannya. (KRS & SLV)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …