Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Serba-serbi Gema Lomba Matematika XXI

          Pekan Gema Matematika merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Banyak kegiatan yang diadakan serangkaian dengan kegiatan Pekan Gema Matematika. Salah satunya adalah Gema Lomba Matematika

          Gema Lomba Matematika atau yang lebih dikenal dengan GLM merupakan suatu kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa serta minat belajar siswa, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika sehingga terbentuk insan yang kreatif, cerdas dan kompetitif. GLM sudah terselenggara sejak dua puluh satu tahun silam, di mana pada tahun 2013 ini, merupakan GLM ke-21. Kegiatan GLM ini juga mencerminkan citra dan eksistensi HMJ Pendidikan Matematika Undiksha pada masyarakat luas dan diharapkan dapat menambah minat siswa dalam bidang matematika. 

          Kegiatan yang mengambil tema “Menjadi Insan yang Cerdas, Kreatif, dan Kompetitif” tahun 2013 ini, dapat diikuti oleh siswa SD, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Bali yang diselenggarakan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 2 Maret 2013 dilaksanakan GLM untuk SD dan SMP/MTs sedangkan untuk GLM SMA/MA dan SMK dilaksanakan pada Rabu, 6 Maret 2013. Upacara pembukaan dilaksanakan di Auditorium Undiksha dan dibuka langsung oleh Dekan FMIPA. Keseluruhan kegiatan GLM bertempat di Kampus Tengah Undiksha. GLM tahun ini diketuai oleh Ni Luh Dewi Sintiari dan diikuti oleh 230 siswa SD, 184 siswa SMP, 132 siswa SMA, dan 53 siswa SMK se-Bali. 

          Penilaian Gema Lomba Matematika ini terdiri atas dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Siswa yang lulus babak penyisihan akan diadu kembali dalam babak final. Tentunya, tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa lulus ke dalam babak final. Peserta lomba harus bisa menjawab soal yang telah disiapkan oleh panitia sedemikian rupa agar bisa meraih juara pada GLM XXI tersebut. Adapun siswa yang berhasil meraih juara pertama GLM XXI 2013 ditingkat SMP, SMA dan SMK adalah Gian Cordana Sanjaya (SMPN 1 Negara), Gusti Putu Ningki Sadu Putra (SMAN 1 Singaraja), dan Beatrice (SMK Farmasi Bintang Persada). (AK)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support