Langsung ke konten utama

EKSISTENSI GEMA EKSPO MATEMATIKA DI DUNIA PENDIDIKAN

Oleh:
(NI PUTU ROSMA DEWI) 

           Perguruan tinggi adalah agen dari perubahan. Perubahan untuk segala aspek kehidupan, diantaranya bidang ilmu pengetahuan, teknologi (IPTEK) sosial dan kebudayaan. Predikat tersebut tentu sangat mulia, karena semua perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat berawal dari perguruan tinggi. Mengingat perannya yang begitu strategis, maka mahasiswa sebagai insan perguruan tinggi hendaknya memiliki ciri-ciri berikut yaitu: aktif, kreatif dan inovatif. 

          Undiksha khususnya Jurusan Pendidikan Matematika mempunyai tanggung jawab moral sebagai agen dari perubahan tersebut. Tanggung jawab tersebut pada dasarnya merupakan penjabaran dari Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu, pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian, dan pengabdian pada masayarakat. Salah satu program tahunan dari Jurusan Pendidikan Matematika sebagai aplikasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi khususnya di bidang pendidikan/pengembangan ilmu pengetahuan adalah “Gema Ekspo Matematika”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aktivitas, kreativitas serta inovasi-inovasi mahasiswa jurusan matematika dalam dunia pendidikan kepada kepada masyarakat luas. Kegiatan Gema Ekspo Matematika itu meliputi pameran tentang alat peraga di bidang matematika, stand mahasiswa, stand makanan, workshop dan lomba-lomba termasuk lomba media pembelajaran matematika. Berikut digambarkan sekilas dari masing-masing kegiatan tersebut. 

Pameran Alat Peraga Matematika
            Pameran alat peraga matematika pada dasarnya memperkenalkan berbagai alat bantu dalam proses pembelajaran matematika kepada masyarakat luas. Selama berlangsungnya kegiatan Gema Ekspo Matematika ini, stan pameran alat peraga matematika mendapatkan perhatian yang cukup banyak dari siswa-siswa SD sampai SMA maupun guru yang mendampingi siswa tersebut. Alat-alat yang dipamerkan dalam stan pameran alat peraga, antara lain tangram, bidang datar, kotak pecahan, papan berpaku, polyhedron, lompat katak, blok logic, dan bangun ruang. Dari sekian banyaknya alat yang di pamerkan, sebagian besar siswa menyukai dan mahir dalam memainkan alat peraga lompat katak, tangram, dan polyhedron. Dimana alat peraga lompat katak memiliki tujuan yaitu untuk melatih pola pikir siswa dalam menentukan rumus ke-n dan suku ke-n dari baris aritmatika. Tangram berfungsi untuk menumbuhkan kreativitas dan daya ingat siswa, sedangkan polyhedron berfungsi untuk memperkenalkan bangun ruang dan bidang datar. Alat peraga matematika yang dipamerkan merupakan kreativitas dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika.

Stand Mahasiswa
            Stand mahasiswa merupakan stand yang di buat oleh masing-masing koalisi kelas. Stan ini tidak kalah menariknya dari stand-stand yang lainnya. Stand ini menampilkan berbagai barang unik, menarik, dan memiliki nilai budaya, khususnya budaya Bali. Dari 5 stan yang ada, sebagian besar menjual produk-produk yang berbau seni dan budaya, seperti baju batik, kebaya, baju barong,lukisan, dan banyak lagi lainnya. Selain menjual produk-produk yang berbau kebudayaan, stan ini juga menjual produk seperti gelang, kalung, bingkai foto, alat-alat tulis yang unik dan menari, nail art, dan masih banyak lagi yang lain. Semua barang-barang yang di jual di stan mahasiswa ini biasanya merupakan barang cinderamata bagi pengunjung.

Stand makanan 
        Selain stan mahasiswa dan pameran alat peraga matematika, dalam kegiatan gema ekspo matematika juga membuka stan makanan atau yang lebih keren disebut wisata kuliner. Wisata kuliner yang dapat dikunjungi oleh pengunjung mulai dari stan makanan ringan, jajanan khas bali, makanan siap saji (sosis, syomai, naget,dll), martabak bambu, es kelapa muda, sirup marjan, es gula, dan aneka minuman berasa buah. Dari awal dibukanya stand kuliner ini, pengunjung yang mengunjungi stan kuliner tidak pernak sepi apalagi stan yang menjual martabak bambu. Dari hari pertama sampai hari terakhir martabak bambu sangat diminati oleh pengunjung. Selain itu, stan makanan seperti sosis, naget, dan syiomai juga tidak kalah ramai pengunjungnya. Untuk stan minuman yang paling disukai para pengunjung ialah minuman sirup marjan dan es gula. Di lihat dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi stand kuliner ini membuktikan bahwa kreativitas mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika sangatlah tinggi. 

Workshop
              Salah satu kegiatan yang bersifat ilmiah yang digelar dalam Gema Ekspo Matematika adalah kegiatan workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai kemajuan-kemajuan dalam dunia pendidikan khususnya dalam disiplin ilmu matematika kepada peserta untuk kemudian dilatih dan diterapkan dalam proses pembelajaran. kegiatan workshop ini berujung pada kegiatan lomba-lomba yang bersifat akademis dibidang matematika. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari para guru se-Bali. 

Lomba Media Pembelajaran
         Lomba Media Pembelajaran merupakan program baru dalam Gema Ekspo Matematika. Rasional diadakannya lomba media pembelajaran ini ialah untuk meningkatkan daya kreativitas tenaga pendidik dalam menyajikan materi dengan menggunakan teknologi yang ada untuk menarik minat siswa untuk belajar. Disamping menggunakan teknologi yang ada, pengajar juga harus mengimbanginya dengan teori dan konsep yang pasti yang ia miliki. Proses pembelajaran akan lebih bermakna apabila dalam proses tersebut guru memanfaat media pembelajaran yang relevan. Dengan media pembelajaran dimaksudkan siswa lebih terbantu memahami konsep atau teori yang bersifat kompleks menjadi sederhana. Dengan alasan tersebut maka digelar lomba media pembelajaran yang bersifat kratif dan inovatif.

          Mengingat penting dan bermaknanya kegiatan Gema Ekspo Matematika, maka kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan. Tentu diharapkan penyelenggaraannya dari tahun ketahun lebih berkualitas dan bermakna. Untuk tujuan itu, pihak panitia penyelenggara hendaknya mengevaluasi kegiatan tahun ini untuk disempurnakan pada kegiatan Gema Ekspo Matematika tahun depan. Evaluasi yang dimaksud kerelaan menerima kritik yang membangun dari mana pun datangnya. Semoga “Gema Ekspo Matematika”, tetap eksis di dunia pendidikan dan berkontribusi positif terhadap pencapaian tujuan pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…