Langsung ke konten utama

Ratam; dari “anak SMA” jadi “anak Kampus”


Kalau mendengar kata “ratam” kayaknya udah gak asing lagi di telinga kita, langsung dech  kebayang suka-dukanya waktu jadi Maba n ngejalanin ratam sampe titik darah penghabisan. Sebenernya apa sich ratam itu??? Nah, kita punya 2 istilah nie kalo mau ngomongin soal ratam. Ada kata “Ratam” n “Maba”. Ratam atau Ramah Tamah adalah kegiatan yang diadakan setiap tahun dalam rangka mengorientasikan kehidupan kampus khususnya di lingkungan Fakultas dan Jurusan kepada Maba atau Mahasiswa Baru.
Tahun ini, HMJ kita tercinta baru ajah habis ngelaksanain Ratam Matriks 2012 dengan tema “Diskrit, Disiplin Kritis dan Kreatif”. Apa sich yang seru-seru di Ratam Matriks 2012 ini? Nah kalo tahun-tahun sebelumnya ratam matriks diadakan selama 4 hari, untuk tahun ini ratam diadakan selama 3 hari. Walaupun diadakan cuma 3 hari tapi ratam matriks 2012 tetep dongz berkesan dan sarat akan makna kebersamaan, cielah. Kita punya kegiatan Lomba PKM hibah, debat ilmiah, n lomba mading di hari pertama ratam yaitu tanggal 16 Agustus 2012 yang berlangsung di kampus tengah undiksha. Besoknya setelah upacara 17an dan pelepasan oleh bapak sekjur, langsung dech kita cuuzz ke Wisma Nangun Kerti di Pancasari untuk melanjutkan serangkaian kegiatan ratam. Di Wisma Nangun Kerti, setelah selesai ngerapiin barang bawaan, Maba kita ajak untuk seru-seruan lagi maen game n pencarian minat dan bakat. Di sini kita kemah selama 2 hari, hari terakhir kita punya game Pos to Pos yang oke punya. Habis itu cuuuz dech balik pulang ke kampus tengah Undiksha.

Udah panjang lebar nie dijelasin tentang istilah ratam n serangkaian kegiatannya. Pasti masih ada yang bertanya-tanya, penting gak sich sebenarnya ratam itu?? Perlu gak sich ratam diadain tiap tahun??  Gini ajah yaa rasionalnya, dengan diadakannya ratam, maba yang baru saja meninggalkan predikat “anak SMA” dikenalkan dengan keseharian “anak kampus” yang bujubuneng ajib mantap 100% asli beda dari keseharian waktu SMA. Menurut IGP Habibi Mudi Sucipta sebagai ketua panitia Ratam Matriks 2012, cara bersosialisasi dan kemampuan mengatur waktu sangat diperlukan dalam kehidupan perkuliahan yang notabene menjadi salah satu hasil yang didapatkan dari menjalankan ratam.  Ratam juga nie sebagai ajang supaya mahasiswa baru akrab dengan kakak tingkatnya. Bisa dibayangin khan seandainya kamu punya kesulitan seputar kampus trus gak ada orang yang bisa kamu mintain pendapat hanya karena kamu gak kenal sama orangnya?! Trus, masih ada yang merasa Ratam itu gak penting?? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan untuk Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika, diwajibkan untuk mendownload "Formulir Minat Bakat & Surat Pernyataan".
            Surat tersebut di cetak rangkap 1, dan dikumpulkan tanggal 15 Agustus 2014. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Dewa Ardinata (08983141246).

Formulir Minat BakatSurat Pernyataan

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…