Langsung ke konten utama

LKTIM 2011 MISKIN ANTUSIASME

Satu lagi nieh kegiatan rutin yang baru-baru ini diselenggarakan oleh HMJ Pendidikan Matematika. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan HMJ pendidikan matematika di bidang penalaran. Hmm......tidak salah lagi kegiatan yang dimaksud adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) yang dirangkaikan dengan Diskusi Periodik Jurusan Pendidikan Matematika Tahun 2011. Adapun Lomba  Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa kali ini mengambil tema “Tingkatkan Sikap Ilmiah, Kreatif dan Inovatif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika”. Sudah jelas tujuan dari kegiatan ini seperti apa yang terpampang pada tema kegiatan adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah, kreatif dan inovatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang diharapkan sikap tersebut bisa dituangkan dalam bentuk karya-karya tulis (khususnya PKM), yang akhir-akhir sedang Hot di kalangan Mahasiswa Undiksha, khususnya Jurusan Pendidikan Matematika.

LKTIM kali ini berhasil menjaring 36 judul PKM yang pesertanya merupakan anggota HMJ Pendidikan Matematika sendiri. Walaupun berskala jurusan, tapi jangan salah lowh............. ternyata panitia menyiapkan kegiatan ini tidak main-main, buktinya bisa dilihat dari reviewer yang dihadirkan dalam LKTIM kali ini yang merupakan Reviewer Nasional (dari DIKTI loh....) .

Namanya aja lomba karya tulis ilmiah pastinya ada kompetisi dan juara, tentunya dalam hal menulis, bukan dalam hal yang lain-lain, hihihihihi!!!!. Ada empat bidang karya tulis yang dilombakan dalam LKTIM kali ini, yaitu PKMM, PKMK, PKMP, dan PKMT. Selamat bagi yang berhasil menjadi juara dan yang belum berkesempatan menjadi juara “jangan menyerah” ala D’Masiv, hehehe!!

But....... yang terpenting dari kegiatan ini bukan untuk mencari juara tetapi untuk menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah, kreatif, dan inovatif dan yang lebih penting lagi bagaimana mengimplementasikan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    Seperti kegiatan tahun-tahun sebelumnya dalam LKTIM kali ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Diskusi Periodik Jurusan Pendidikan Matematika. Seperti biasa kegitan ini bisa dibilang ajang “curhat” antara mahasiswa dengan para dosen di lingkungan Jurusan Pendidikan Matematika. Dalam kegiatan ini mahasiswa berkesempatan untuk mengeluarkan segala uneg-uneg yang dialami baik mengenai perkuliahan, fasilitas kampus, maupun masalah-masalah lain dalam bidang akademik. Wah,,, kira-kira tahun depan bisa ditambah lagi satu tuh,,,,,,, yaitu dalam bidang asmara, wkwkwk.

Yang jelas melalui kegiatan ini diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan dosen di lingkungan Jurusan Pendidikan Matematika.

Tapi sayang kegiatan yang uda dipersiapkan dengan baik oleh panitia tidak disertai dengan antusiasme anggota HMJ, melihat kurangnya partipasi anggota HMJ dalam kegiatan ini. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran anggota HMJ dalam persiapan kegiatan ini, mulai dari rapat kordinasi, persiapan penyelenggaran bahkan kehadiran anggota HMJ pada hari H sangat sedikit.

Apa LKTIM kali ini miskin Antusiasme anggota HMJ?? Yang pasti ini menjadi sebuah refleksi bagi kita semua untuk kelanjutan kegiatan-kegiatan HMJ berikutnya.

Walupun LKTIM kali ini kurang disertai oleh antusiasme anggota HMJ, tapi salut deh buat panitia uda berhasil nyelenggarain kegiatan yang berkualitas dan pastinya TOP BGT.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PKM

Didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa, maka pada tahun 1997 DP2M merealisasikan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT). Salah satu komponen kunci di dalamnya adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM). Inilah satu-satunya program yang dapat diakses dan dilaksanakan mahasiswa, karena program lainnya seperti Kuliah Kewirausahaan (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB) diperuntukkan bagi dosen.

Walaupun ada persyaratan untuk menyertakan mahasiswa sebagai pelaku lapangan. KAM merupakan wahana kreasi bagi mahasiswa dalam menciptakan produk (barang atau jasa) yang akan menjadi komoditas usahanya kelak. Sedangkan pematangan sebagai ent…

BIDANG I: PENALARAN DAN KEILMUAN

Program Utama Bidang I Melaksanakan lomba dan pelatihan karya tulis ilmiah di tingkat Jurusan Sie Seminar Melaksanakan Seminar KepemimpinanMengkoordinasikan undangan mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh organisasi di  lingkungan   Undiksha atau organisasi lain di luar lingkungan Undiksha
Sie Kepustakaan Membuat buku kumpulan soal-soal GLM beserta pembahasannyaMembentuk perpustakaan HMJ
Sie Media Membuat koran/ majalah kampusMengkoordinasikan pembuatan majalah dinding tiap kelas atau semesterMengikuti kegiatan yang berkaitan dengan bidang jurnalistik (lomba ataupun pelatihan)Mengelola web jurusanMenjadi fasilitator, motivator dan koordinator bagi anggota HMJ dalam kegiatan yang berhubungan dengan karya tulis 
Selengkapnya Program Kerja Bidang I (PENALARAN DAN KEILMUAN) dapat di download di bawah ini :

LIHAT PROGRAM KERJA DOWNLOAD

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha merupakan suatu wadah atau tempat organisasi yang mencakup kegiatan intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. HMJ Pendidikan Matematika mempunyai Visi dan Misi dalam pelaksanaan setiap program kerja yang direncanakan. Visi HMJ Pendidikan Matematika adalah eksistensi jati diri manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Undiksha. Sedangkan Misi HMJ Pendidikan Matematika adalah meningkatkan kualitas kader yang memiliki intelektualitas dan loyalitas terhadap organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan demikian HMJ Pendidikan Matematika mempunyai tujuan untuk membentuk kader-kader mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang religious, humanis, nasional, dan berpikiran progresif.
HMJ Pendidikan Matematika memiliki program kerja utama yaitu Pekan Gema Matematika yang di dalamnya meliputi Gema Lomba Matematika SMA, SMP, dan SD, Gema Seminar Matematika untuk guru-guru SMA, SMP, dan …