Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

TEROBOSAN BARU DALAM PEKAN GEMA MATEMATIKA TAHUN 2011

Pekan Gema Matematika (PGM) tahun 2011 yang baru kita lalui bersama menyisakan sejuta kenangan di mata keluarga besar HMJ Pendidikan Matematika. Kemeriahan keempat kegiatan yang ditawarkan dalam PGM tahun 2011 tak terlepas dari terobosan baru yang dilaksanakan disetiap gema kegiatan matematika. Ada Gema Loma Matematika (GLM) yang menghadirkan Lomba Matematika tingkat SMK se-Bali, Gema Seminar Matematika yang dibuat dalam format Seminar Nasional, Gema Pameran Matematika dengan pameran indoor dan outdoornya, serta Gema Keakraban Matematika yang tidak hanya mengubah nama, tetapi juga format kegiatannya.
Gema Seminar Matematika pada tahun 2011 dibuat dalam format Seminar Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 12 Maret 2011 secara umum berlangsung dengan lancar walaupun terdapat berbagai kendala yang dihadapi panitia penyelenggara. Yang membedakan Gema Seminar Matematika tahun-tahun sebelumnya dengan Gema Seminar Matematika pada tahun ini tidak hanya berembel-embel “Nasional” melainkan dari format acaranya dan tujuan dari GSM itu sendiri. Dalam Seminar Nasional tersebut terdapat tujuh pemakalah, diantaranya satu pemakalah utama dan enam pemakalah paralel. Gema Seminar Matematika yang diadakan di Gedung Auditorium Undiksha ini dihadiri oleh 344 orang peserta yang terdiri atas mahasiswa, guru, dan dosen.
 Gema Pameran Matematika dilaksanakan selama lebih dari satu minggu dari tanggal 12-19 Maret 2011. Konsep dari GPM tahun 2011 yaitu dengan mengadakan pameran indoor dan outdoor. Pameran indoor bertempat di ruang seminar dan ruang HMJ Pendidikan Matematika dengan mengadakan pameran buku, alat peraga, dan media pembelajaran yang tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan pameran outdoor yang berlokasi di halaman gedung kuliah B MIPA ini menyediakan berbagai hasil karya kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, dari PMW Undiksha, serta berbagai produk dari para sponsor yang mendukung suksesnya Pekan Gema Matematika tahun 2011.
Gema Lomba Matematika yang biasanya terdiri dari Gema Lomba Matematika tingkat SD, SMP, dan SMA se-Bali pada tahun 2011 mengadakan terobosan baru yaitu menghadirkan Gema Lomba Matematika tingkat SMK se-Bali pada tahun 2011. GLM tingkat SMA dan SMK se-Bali yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2011, untuk tingkat SMA diikuti oleh 146 orang peserta dan untuk tingkat SMK hanya diikuti oleh 7 orang peserta. Minimnya peserta GLM tingkat SMK dikarenakan even ini baru pertama kali diadakan dalam Gema Lomba Matematika serta kurangnya sosialisasi tentang pengadaan GLM tingkat SMK se-Bali. GLM tingkat SMA dan SMK ini keduanya berlangsung di Gedung Auditorium Undiksha dengan antusias seluruh peserta GLM. Kemudian pada tanggal 19 Maret 2011 diadakan Gema Lomba Matematika tingkat SD dan SMP se-Bali yang tidak jauh berbeda dengan GLM sebelumnya dengan jumlah peserta untuk GLM tingkat 
SD 111 orang peserta dan jumlah peserta GLM tingkat SMP 164 orang peserta.
Kegiatan serangkaian Pekan Gema Matematika yang terakhir adalah Gema Keakraban Matematika yang diadakan pada tanggal 27 Maret 2011 di Gedung Kesenian Gede Manik. Gema Keakraban Matematika selain berubah nama dari Gema Kreasi Matematika juga berbeda pada format acaranya dari tahun sebelumnya yang bertemakan kesenian bali yang hampir seluruhnya dibawakan oleh anggota HMJ Pendidikan Matematika sendiri, tapi kali ini membuat acara terobosan baru dengan mengundang group band “KIS band” dan beberapa band yang sebelumnya telah diseleksi oleh panitia yang berjumlah 4 grup band. Beberapa acara GKM lainnya yang merupakan persembahan dari anggota HMJ Pendidikan Matematika diantaranya, tari bali, modern dance, teater, perkusi, genjek + joged, dan barong vs rangda.

Gema Keakraban Matematika ini berlangsung sangat meriah walaupun diawal acara dengan penonton yang sedikit tapi dengan adanya bintang tamdu KIS band mampu menyedot banyak penonton dari berbagai kalangan. Tidak hanya KIS band yang sukses dengan acaranya melainkan juga acara lainnya seperti dark light theater, matriks sexi dancer, perkusi dengan penggebu bambu, genjek nimbrung, dance celuluk dan pertarungan barong dengan rangda. Acara GKM ini berakhir pada pukul 00.00.
[desiselviana . mirahhandayani]


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan...!

Archives

Definition List

Unordered List

Support